warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Minggu, 26 Agustus 2012

ADA RAINBOW DI LEMPER AYAMKU - Mardiana Nana


Penasaran ya seperti apa rainbow gurih dalam lemper? Coba simak resep dan ceritanya ini, pasti ngiler deh!

Assalamualaikum....
slamat malam dan salam kenal semua....
di sini dengan nana dari dapur indah sari....

Ibu trio Host...trimakasih.... nana di kasih kesempatan buat berpartisipasi dalam NCCRW .
Alhamdulillah... saat ini nana di kasih sehat, hingga nana bisa bikin LEMPER AYAM RAINBOW" ..... setelah tadi pagi sarapan lemper ayam .... bareng suami ku ANDI IBHE..... dan suami bilang

" Bisa apa gak ya Lemper ini di jadikan RAINBOW ? "
dengan berimajinasi.... setelah bikin apem selong mini pot rainbow, kue mangkok rainbow, ketan srikaya rainbow, sikaporro rainbow, ampe lontong rainbow
( yg di bikin mbak wiwik wiharani ...***hallo mbak wiwik....dari begejekan menghasilkan karya yaaaa )

Dalam benak nana, nana berfikir....." Jika lemper ayam ini di bikin RAINBOW pasti nyentrik deh...." Dan ga akan kalah dengan kue internasional.... jika kita bisa menungkan dalam olahan ...sajian ......promosi yg baik.... akan timbulkan image yg baik pula di dunia kuliner planet ini. tentang kue tradisional .Dan saya "MUNGKIN SALAH SATU" dari beberapa  pelaku kuliner yg bangga akan kuliner khas indonesia.....

Saya perfikiran, bahwa kue tradisional pun bisa tampil dalam nuansa lain yg mengngikuti trade mark.... dan punya point plus yg sama dg kue internasional lainnya, JIKAaaaaaaaa..................kita bisa menyajikan dalam bhentuk dan pencitraan dari kue tersebut, dari kondisi yg biasa di tampilkan dengan trens aslinya.  Dan biasanya kuliner  khususnya yg khas  nusantara akan bersinergy dengan bidang PARIWISATA.

( jadi penasaran nich nana..... di sela sela bikin lepet rainbow... nana implementasikan penasaran nana dengan bikin :LEMPER AYAM RAINBOW )

Langsung PW   di dapur ( PW = POSISI WENAK )


RESEP ketan nya :

600 gr beras ketan, cuci bersih....bagi menjadi 6 bagian sesuai warna rainbow,beri 2 s/d 3 tetes pewarna makan pada masing masing bagian. rendam 1 jam
           ( tidak sama  jumlah tetes pemakaian nya karnna beda merk pewarna yg saya pakai )

            ---- > daftar pewarna makan nya , nana tampilkan di bagian paling bawah diskripsi ini

600 ml santan dari 1/2 pcs kelapa. rebus bersama daun salam 2 lbr dan batang sere ambil putihnya 1 pcs , colok garam..

RESEP isi nya :
1 dada ayam, rebus lalu suwar suwir
4 lbr daun salam
6 lembar daun jeruk,
1 bungkus sun kara size kecil
1 sdm air asam

Bumbu yg di haluskan, tumis dengan minyak atau mentega :

 5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri rajang halus lalu sangrai
1 sendok makan ketumbar, sangrai
1 sendok makan gula merah sisir halus

Cara proses nya :

isi :
tumis bumbu halus, sampai harum,bersamaa dengan daun salam dan daun jeruk, masukkan santan aduk hingga mendidih lalu masukkan ayam . biarkan sampai menyusust air santannya, sesaat mau angkat dari kompor, masukkan air asam nya. biarkan menyusust airnya. lalu angkat.tiriskan. Untuk menghindari basah saat di cetak bersama ketannya, jika sampai basah akan mengurangi sisi kerapian pada kue. / jika merembes ( apa ya bahasa indonesianya merembes itu ...?? ) seperti ada bercak pada ketannya saat di cetak.
dan isi sudah siap untuk di cetak bersama ketan nya.

Ketan nya :
setelah proses perendaman dg pewarna makanan, tiriskan telebih dulu ketan sersebut, lalu kukus jadi satu dengan di beri jarak, agar tidak tercampur satu sama lainnya.pada klakat yg besar.
sistem seperti ini bertujuan untuk effisiensi waktu dan pemakaian LPG. dengan tetap memperhatikan jarak adonan 1 Dengan lainnya agar tidak tercampur/ bersinggungan satu sama lainnya.

jika tidak memilik klakat besar , bisa melakukan pengkukusan dengan sistem teras sering... tiap adonan di taruh pada mangkok. di atas mangkoknya di taruhkan tusuk sate 2 atau 3 biji. kemudian di taruhkan kembali mangkok warna adonan lainnya sehingga menyerupai tumpukan buku /susunan berselang seling ke atas.
dengan mengatur sedemikian rupa, agar tidak terjatuh dan aman selama proses pengukusan.kukus adonan ketan selama 10 menit saja.

di samping melakukan pengkukusan, di tungko kompor sebelahnya, rebus santan yg berisikan daun salam dan batang sere yg telah di memarkan. sampai mendidih.

setelah adonan ketan siap, adan santan telah mendidih, tuang 100 ml santan mendidh tersebut ke dlm mangkok adonan ketan, aduk hingga santan terserap habis oleh ketan. lakukan hal tersebut sampai seluruh adonan ketan sesuai warna masing masing abis.

setelah proses penungan santan selesai...kukus kembali ketan yg telah bersantan tersebut sampai masak. kurang lebihnya 15 menit.

jika proses pengkukusan adonan ketan telah selesai...ambil 1/2 bagian ( setengah bagian adonan dari tiap tiap warna )
cetak pada 2 loyang berukuran 18 X 8  sesuai urutan warna rainbow. ( 1 resep kecil ini bisa menjadi 2 loyang adonan susunan rainbow lho... )

lakukan tahapan ini sampai proses selesai...kemudian masukkan ayam yg telah di masak . ratakan, lalu tutup kembali dengan sisa adonan ketan berwarna. cetak sesuai dg urutan warna rainbow.

kemudian kukus kembali selama 10 menit saja.
kondisi pengukusan ini di samping mengawetkan kue lempernya agar lebih tahan lama, juga berfungsi untuk merekatkan antara warna satu dengan warna lainnya dan antara ketan dengan isiaan ayam tersebut.

Berikut daftar tambel pemakaian pewarna yg saya pakai dalam proses pembuatan lemper ayam rainbow tersebut diatas, dan ini literatur dan komposisinya  :

jenis warna            jumlah pemakaian       merk                register                                              expired date

Merah tua                       2 tetes                  Red Bell        BPOM RI MD : 263110117120      Des 2014
Orange                           2 tetes                  cross             BPOM RI MD : 263109027213       Maret 2014
kuning                            2 tetes                   Red Bell        BPOM RI MD : 263110117120      Okt 2014
Hijau tua                        2 tetes                   Red Bell        BPOM RI MD : 263110117120       Maret 2015
Biru                                2 tetes                   Red Bell        BPOM RI MD : 263110117120      Sept 2014
Ungu                              3 tetes                  cap merak     BPOM RI MD : 263113083150      Des 2015


demikian diskripsi nana, smoga bermanfaat

Trimakasih buat ibu Trio Host

Salam - baking :
nana- dapur indah sari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar