warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Senin, 27 Agustus 2012

Cireng keju Renboh by Lina

Cireng salah satu jajanan populer, untuk isiannya bisa macam-macam, dan Lina membuat isian nya dari keju, dengan tampilan cantik  khas warna pelangi



Hai (lagii) its me again.. Selamat subuh.. Sebenernya laporan ini dikirim hari sabtu. Tapii,karna ternyata over kuota (118kb gitu loh), jadiii 'bletaaaakkk'..kena centong deh.. Kenanya 2x.. (malah ga ngeh klo di centong sebenernya) Wkwkwk..

Maaf ya semuanya.. Soalnya kirimnya dari hp, ga Muncul option resizenya. Akhirnya mikir2 gimana cara supaya bisa resize pake hp aja,jadi ga perlu ke warnet (kompi rusak, misua lg ke luar kota).
Akhirnya nyoba upload ke wordpress,trus hbs itu donlod lg.. & ternyataaa..bisaaa sodara-sodari.. Tapi tetep cuma bisa 86kb.. Tolong jangan di centong lagi yaa.. >.<
Ckckck.. Mang harus kena centong di sana sini supaya tambah pinter ya? tapi abege yang satu ini gigih kok bapak2 & ibu2.. (*besok2 kalo mau report lagi pake helm ah..)

Back to report.. Sabtu kemarin lg asik nonton master chef australia, yang lagi pada dapat tugas buat bikin pastri yang terinspirasi oleh mahkota, tiba2 kepikiran mo buat cireng (ckckck..jauh bgt nyasarnya tuh ide ya).

Nah,oleh karena demam 'renboh' masih berjangkit,jadi deh ni cireng di warna2 centil. Bikinnya sebentar, makannya lebih sebentar lagi.. Resepnya pake punya mba Ricke "ordinary kitchen" (makasih ya mba Ricke). Uplek2 sebentar,trus jadi deh.. Oia,Aku pake kraft quick melt,jadi kejunya lumer2 nyam2 gitu deh. Rasanya? Enak.. ^^
This is it.. Rainbow Fried cheese tapioca dough a.k.a Cireng keju renboh.. Hihihi..
Berikut resepnya:
Cireng Isi Keju
source : Ricke Indriani
Bahan:
200 gram tepung sagu tani (sagoo/tapioca)
200 gram tepung terigu (all purpose flour)
2 siung bawang putih (garlic), haluskan
1 sdt garam (peres)
1 sdt kaldu bubuk (aku pake maggi block)
1/4 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang (pakai bagian daun hijaunya saja), iris halus
400 ml air (bisa berbeda takarannya tergantung kondisi tepung masing-masing, gunakan secukupnya saja)
Pewarna koepoe2 merah,jingga,kuning,hijau,ungu
Pewarna wilton sky blue
Isian:
Keju cheddar parut (aku pake kraft quick melt potong dadu)
Cara membuat:
1. Campur dan ayak tepung sagu tani dan tepung terigu. Tempatkan dalam wadah. Tambahkan daun bawang dan aduk rata. Sisihkan.
2. Panaskan air, tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Biarkan hingga mendidih. Matikan api. Angkat.
3. Masukan air kaldu panas-panas ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan diuleni menggunakan sendok kayu. Uleni hingga kalis dan bisa dipulung. (Pakai feeling ya, klo dirasa sudah cukup kalis hentikan penambahan air, klo dirasa masih terlalu kering airnya bisa ditambah)
4. Bagi 6 adonan,beri pewarna.
5. Ambil sejumput adonan dari masing2 warna, pipihkan, beri keju parut. Bentuk seerti pastel atau bentuk lainnya. Rekatkan pingirnya. Lakukan hingga adonan habis.
6. Goreng dalam minyak goreng yang banyak dengan api sedang hingga kekuningan dan matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan panas.

Notes:
- Pada saat membentuk cireng, lumuri tangan dengan tepung sagu, juga dengan permukaan meja atau alas yang digunakan taburi dengan tepung sagu. Hal ini agar adonan tidak lengket dan mudah dibentuk. (aku pake plastik aja.)
- Cireng disajikan selagi hangat agar teksturnya tidak menjadi terlalu keras.
- Bisa disajikan dengan pelengkap kuah dari saus sambal yang diencerkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar