warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Kamis, 13 September 2012

Rainbow Cake by Yoshi



Dear host NCC Rainbow Week..
Di hari terakhir ini,aku mau ikutan partisipasi di event NCC Rainbow Week..
Berhubung paling sering bikin yang bertema Rainbow cuman cake ini, jadi laporannya Rainbow cake aja ngga apa-apa khan yah. ;)

Aku pake resep red velvet cake, dari Joy of baking,untuk bikin cake kotak ukuran 20x20 cm, saya pakai 2 resep..Untuk pewarna saya pakai perisa dari Golden Brown, cukup 1/2 sendok teh per layernya.
dan coklat bubuknya dihilangkan dan diganti dengan susu bubuk sebanyak 15 gram.

Cake ini dibuat untuk acara ulang tahun tanteku, pesanannya lumayan mendadak.
Untungnya di rumah semua bahan ready stock jadi bisa langsung dibuat.
Berikut terlampir resepnya :

Red Velvet Cake:
- 250 gram tepung (saya pakai kunci)
- 1/2 sdt garam
- 2 sdm /15 gram coklat bubuk -> saya ganti susu bubuk 15 gram
- 113 gram mentega tawar
- 300 gram gula halus
- 2 telur
- 1 sdt vanilla extract
- 240 ml buttermilk ->(saya pakai 240 ml susu UHT cair yang plain + 1 sdm air jeruk lemon)
- 2 sdm pewarna merah -> (saya pakai perisa Golden Brown, 1/2 sdt per layernya)
- 1 sdt cuka
- 1 sdt soda kue

Cream Cheese Frosting:
227 gr cream cheese
227 gr Mascarpone cheese
1 sdt vanilla extract
115 gr gula bubuk, ayak
360 ml whipping cream

Cara membuat :
Red Velvet Cake:
- Panaskan oven suhu 175 derajat C
- Gunakan 2 loyang diameter 22 cm, alasi dengan kertas kue loyang -> saya pakai 2 resep untuk 6 loyang 20x20 cm
- Ayak tepung, garam, dan coklat bubuk -> saya ayak jadi satu wadah, tepung, garam dan susu bubuk
- Kocok butter sampai lembut, lalu tambahkan gula hingga ringan dan mengembang.
- Tambahkan telur, satu per satu. Tambahkan vanilla.Aduk rata
- Campur buttermilk+pewarna. Lalu masukkan ke dalam adonan, tepung dan larutan buttermilk secara bergantian. -> saya bagi adonan menjadi 6, baru diberikan pewarna.
- Lalu buat campuran soda kue+ cuka, dan aduk cepat campurkan ke dalam adonan.
- Tuang adonan ke masing-masing loyang, oven selama 25-30 menit.
- Setelah kue matang, angkat dan dinginkan
Cream Cheese Frosting :
- kocok cream cheese dan mascarpone cheese, sampai lembut. Tambahkan vanilla dan gula bubuk, kocok sampai halus
- lalu tambahkan whip cream, kocok rata hingga mengembang dan sampai konsistensi creamnya bisa dioles.
Penyelesaian :
- susun kue sesuai urutan rainbow cake, dengan warna ungu di paling dasar.
- lalu oles cream cheese frosting, tumpuk lg dgn kue, dan cream lg.
- lakukan sampai layer kue yg terakhir. Lalu oles sisa cream di lapisan paling atas. Hias sesuai selera.
Semoga laporannuya diterima yah, terima kasih.
Salam

Yoshi
www.dierdraskitchen.blogspot.com
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar