warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Kamis, 13 September 2012

Mini Ring Rainbow by Dian Novitasari


Dear Trio Host NCCRW,
Pengen ikutan lapor hasil eksperimen dapur mungil, meski waktunya dah mepet deadline. Awalnya pas bikin cake ultah dibikin tiga layer warna lampu lalu lintas kok lucu bgt, jadilah beli pewarna lainnya juga biar komplit. Tapi sayangnya disini susah mencari pewarna makanan yang selengkap di Indonesia. Mbak Ari Dwi kemudian ngasih tau nih dimana tempet belinya, lumayan dapat pewarna bubuk warna biru yang Insyaallah halal dikonsumsi. Yang merah dan hijau punya dari Indonesia merk koepoe2 biasa.


Awalnya pengen bikin donat rainbow, tapi karena agak riweh disambi njagain si kecil yang udah mulai MPASI, akhirnya diganti basenya menjadi kue sus. Resep aslinya dari bu Fatmah NCC, kemudian dimodifikasi bentuknya menjadi ring mirip donat mini. Here we go :
Bahan :
200 mL air
125 g margarin
1 sdm gula pasir
150 g terigu
4 butir telur

Filling :
500 mL susu cair
100 g gula pasir
30 g tepung maizena
4 kuning telur, kocok dengan ballon whisk
2 sdm margarin
2 tetes esens vanila
100 mL krim, kocok setengah mengembang
Cara membuat :
  1. Panaskan air, margarin dan gula pasir sampai semua margarin cair dengan api sedang.
  2. Kecilkan api, masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat dengan sendok kayu sampai kalis/tidak lengket. Angkat lalu biarkan dingin.
  3. Setelah dingin, masukkan telur satu persatu. Kocok dengan mixer speed rendah hingga tercampur rata.
  4. Panaskan oven pada suhu 190 C. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti atau olesi dengan margarin. Semprotkan adonan ke loyang bentuk ring mini dengan plastik segitiga.
  5. Panggang pada suhu 190 C selama 15 menit, hingga warnanya jadi kuning keemasan dan busanya hilang. 
  6. Filling : Aduk rata maizena dengan sedikit susu, masukkan kocokan kuning telur lalu sisihkan. Panaskan sisa susu bersama gula, garam dan vanila sampai sedikit mendidih sambil diaduk-aduk supaya tidak pecah. Masukkan campuran maizena, aduk hingga kental, tambahkan margarin. Masukkan ke kocokan krim sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer (duh belepotan ya bahasanya).
  7. Karena mo bikin rainbow, bagi menjadi 5 bagian, masing2 diberi warna merah, biru, hijau, kemudian campuran merah dan biru untuk warna ungu. Warna fillingnya sudah kuning, jadi tidak perlu ditambahkan pewarna lagi. 
  8. Tata satu lembar kue, semprot vla beda warna kemudian tumpuk dengan lembar kue lainnya. Bisa juga bagian atas dicelup ke white cooking chocolate atau sesuai selera. Untuk sekitar 30 kue.
Meski tidak semua warna pelangi terwujud di kue ini, semoga bisa diterima untuk ngeramein NCCRW. Kue nya lembut dan fillingnya smooth abis, cepet banget pula ludesnya karena kecil2 sekali gigit.

Salam hangat,
Dian di Nara Japan
Dian Novitasari
FB : diandra08
blog : http://kokinekat.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar