warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Kamis, 13 September 2012

Rainbow Macaron By Aisyah Velany

Kebayang senangnya anak - anak di kasih macaron yang rasanya hmmmm ... khas almond nya :-)




Dear Trio Host Pelangi =)

Keponakan minta dibikinin macaron karena ulang tahun, ingin bagi-bagi ke temen di sekolah karena ga ada acara ulang tahun. Sekalian ikut NCC Rainbow Weeks lagi, jadi dibuat dalam 6 warna, hehehehehe. Resepnya diambil dari Buku Seri Masak Femina Primarasa Dapur Modern Aneka Macaron, karena di buku ini ada tips sukses dan keselahan-kesalahan yang mungkin terjadi, jadi terbantu banget dalam membuatnya, tapi tetep aja suka gagal kalo bikin, hehehehehe (oh iya, bukan salesnya buku ini ya). Berikut resepnya:

Aslinya resep Berrylicious Macaron (teknik swiss meringue), kemudian dimodifikasi:

Bahan:
100 gr almond bubuk
100 gr gula icing
80 gr putih telur (suhu ruang)
100 gr gula kastor (saya pakai 80 gr)
Pewarna makanan (merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu)
25 gr selai blueberry (tidak pakai)

Olesan dari Minty Blue Macaron yang dimodifikasi:
150 gr cokelat masak susu (saya pakai 50:50 untuk dark cooking coklat dan coklat masak susu), cincang kasar
75 ml krim kental (saya pakai whipped  cream cair)
1 sdm mentega tawar
1/8 sdt esens mint (tidak pakai)

Cara membuat:
1.         Campur almond bubuk bersama gula icing, proses dalam grinder/chopper hingga halus, ayak.
2.         Didihkan air dalam panci, kecilkan apinya. Masukkan putih telur dan gula kastor dalam mangkuk tahan panas, taruh di atas panci berisi air mendidih (bain marie/tim). Kocok menggunakan whisker hingga gula larut dan putih telur panas tetapi tidak sampai mendidih, angkat.
3.         Lanjutkan mengocok dengan mikser berkecapatan tinggi hingga putih telur mengental (20 menit dengan hand mikser yang saya punya).
4.         Masukkan campuran gula-almond ke dalam adonan putih telur dalam 2 -3 tahap. Aduk searah menggunakan spatula hingga rata, bila adonan sudah jatuh dalam gumpalan saat disendokkan, hentikan pengadukan.
5.         Panaskan oven suhu 150 derajat celcius. Alasi loyang dengan kertas roti anti lengket yang baliknya sudah diberi bulatan-bulatan diameter 3.5 cm jarak  antar bulatan 3 cm.
6.         Bagi adonan menjadi 6 bagian dan pewarna makanan: merah (merek cross), orange (merek cross), kuning (merek cross), hijau (merek trans), biru (merek trans), dan ungu (merek trans) masing-masing 4 tetes. Masukkan adonan ke dalam kantong plastik segitiga, semprotkan ke bulatan-bulatan dalam loyang. Ketuk-ketuk loyang untuk mengeluarkan udara dari dalam adonan.
7.         Diamkan dalam ruangan (sebaiknya dingin jangan panas) selama 1 jam atau sampai permukaan adonan tidak menempel  saat disentuh (agar saat di panggang terbentuk kaki macaron).
8.         Panggang dalam oven selama kurang lebih 7 menit (dengan oven saya di panggang 20 menit baru mendapatkan tekstur macaron yang disukai orang-orang rumah), terbentuk kaki, kering, angkat, dinginkan. Lepaskan dari kertas alasnya.
9.         Olesan: lelehkan cokelat dengan cara mengetimnya, tunggu hingga hangat. Tambahkan krim kental, mentega tawar, aduk rata hingga mengental (saya masukkan sebentar ke kulkas untuk kemudian di oles ke macaron).
10.      Olesi salah satu bagian kue yang datar dengan bahan olesan. Katupkan dengan sepotong kue lainnya. Diamkan selama 30 menit sebelum dihidangkan.

Makasi Tim Trio Host Pelangi,Aisyah Velany

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar