warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Kamis, 13 September 2012

Rainbow Cake Jelly by Neng Nitha

Dear Mbak Trio host pelangi...

Perkenankan di detik-detik gong Rainbow Week ditutup hari ini , saya sebagai ABG baru sempat mengikuti even ini. Sebenarnya inginnya banyak menyetor rainbow hasil kreasi diawal acara ini tapi berhubung orderan yang datang jadi belum sempat mencoba resep baru lagi.

Tetap ingin ikutan walau mepet waktunya hehehehehe...
Naksir berat logo Rainbow Weeknya, mau dipajang di blog he3x...

Untuk mengikuti NCC Rainbow Weeks saya mencoba resep baru di kumpulan buku resep saya. Cerita dibalik percobaan kali ini adalah tentang buku resep saya. Buku-buku resep ini saya beli ada yang bekas (huhhuhuhuhu....), ada yang obralan sepuluh ribuan di gramedia maupun ditoko2 buku lainnya. Kenapa saya beli bekas atau yang obral ? karena sebenarnya saya sudah jadi "Pengepul Buku Resep" sejak tahun 2000 . Sedikit demi sedikit kalau saya punya uang pasti saya beli buku resep yang harganya selangit. Dan tentu saja saya praktekan resep2 tersebut dan selalu jadi pengantar tidur saya sebelum tidur untuk melihat foto2 resepnya he3x..

Setelah terkumpul hampir 2 karung goni plastik , buku2 resep tersebut selalu saya bawa pindah mengikuti tugas suami ke daerah lain. Tapi nasib di 2008 kami pindah dari payakumbuh kejakarta kumpulan buku resep saya dimakan rayap huhuhuhu...karena kena rembesan air hujan saat dikapal. Mau nangis tapi bagaimana lagi, akhirnya ya mencicill dari awal lagi. Untunglah sekarang internet sudah jadi media mencari info terutama resep. Dan karena browsing maka saya bisa ketemu NCC , berani terima pesanan dan memajang hasil kue he3x...pokoknya nekad deh biar bisa seperti bu Fat .

Demikian sekelumit cerita dibalik resep ini "Rainbow Cake Jelly Puding" yang saya ambil dari buku resep "Cake Puding" Dapur Anissa yang saya modifikasi sedikit. Untuk Hasil foto , di foto jam 20.00 wib hari ini dengan kamera Nikon Digital tapi yang pocket he3x....masih belajar motret tapi belum bisa bagus he3x.

Berikut resep dan cara membuatnya.

"Rainbow Cake Jelly Puding"

Bahan Cake :

10 kuning kuning telur
5 putih telur
110 gr gula pasir
1 sdt cake emulsifier misal SP, ovalet
50 gr terigu protein rendah misalnya kunci
1 sdm custard powder
40 ml minyak goreng (saya ganti full butter )
50 ml susu cair
6 pewarna golden brown masing2 4 tetes
selai strawberry untuk olesan

Puding
Puding lapisan 1 :
1/2 bungkus jelly bubuk
125 gr gula pasir
300 ml air

Puding lapisan 2 :
1 bungkus jelly bubuk
200 gr gula pasir
500 ml susu cair
2 sdt pasta strawberry ( saya tidak pake )\

Taburan :
1 kaleng Fruit Cocktail, tiriskan

Hiasan :
Strawberry dan jeruk mandarin

Cara membuat ;

1. Cake : Kocok telur , gula dan cake emulsifier dengan kecepatan sedang hingga 1/2  mengembang. Masukkan tepung terigu dan custard powder, kocok kembali hingga mengembang dan mengental. Tambahkan minyak ( saya mengganti dengan butter ) dan susu cair , aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Bagi rata menjadi 6 warna ( tiap warna saya beri 4 tetes pewarna )dan tuang di loyang 24x24x3 cm yang telah diolesai margarin dan kertas roti. Tuang disatu titik diawali warna ungu, biru, hijau, kuning, orange dan merah. Oven dengan suhu 180 derajat selama 15 menit hingga matang, angkat dan gulung hangat2 seperti proses bolu gulung. Setelah dingin buka gulungan pelan2 dan olesi selai strawberry dan gulung kembali. Potong2 sesuai selera.

2. Susun bolu gulung dibagian tepi loyang bundar diameter 18cm, sisihkan.
3. Tuang fruit cocktail ke dalam loyang puding.
4. Puding
    Puding lapisan 1 : Campur jelly bubuk,gula dan air, aduk rata. Masak diapi sedang hingga mendidih, angkat. Diamkan selama 10 menit untuk menghilangkan uapnya. Tuang larutan jelly ke dalam cetakan sedikit demi sedikit supaya jelly tidak mengapung, biarkan agak keras.
     Puding lapisan 2 : Lakukan cara membuat seperti lapisan 1. Dan kembali tuang diatas lapisan 1, ratakan dan biarkan dingin dan mengeras

http://PawonNengGeulis.Blogspot.com
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar