warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Jumat, 14 September 2012

Putu Mayang by Marlis Damayanti




Halo Trio Pelangi yg cantik2... :)
ABG mau laporan, bikinnya sih sudah 2 minggu yg lalu sih tp mau laporan selalu lupa :D. Penganan ini merupakan penganan fav sewaktu saya kecil, ibu saya sering sekali membuat ini utk cemilan saya & adik2. Setelah menikah untuk pertama sekali saya membuat ketika masih di Jepang, selain kangen saya juga inginmengenalkan makanan tradisional ke anak2.. Alhamdulillah anak2 suka..dan ketika anak2 request putu mayang, saya langsung pengen membuat dlm warna warni pelangi untuk ikutan rainbow week ;).
Berikut resepnya dari buku resep sedap sekejap "kue-kue tradisional"

Putu Mayang
Bahan
300 gr tepung beras
100gr tepung kanji
2 sdm gula pasir
1 sdt garam
550 ml santan dari 1 butir kelapa
Daun pisang untuk alasnya
Pewarna ungu (hakiki 3 tetes),kuning (cross 4tetes), orange (koepoe koepoe 3=
tetes),hijau apel(hakiki 3 tetes),biru(hakiki 3 tetes), merah tua (hakiki 2=
tetes)

Saus :
200 gr gula merah, sisir halus
25 gr gula pasir
1 lbr daun pandan
1/4 sdt garam
Cara membuat :
1. Larutkan tepung beras dalam santan supaya tdk ada yg menggumpalkan. Masak bersama gula pasir & garam. Aduk hingga menggumpal. Matikan kompor
2. Masukan tepung kanji. Uleni hingga tercampur rata.
3. Bagi adonan menjadi 6 bagian. Beri pewarna.
4. Masukan ke dalam cetakan putu mayang
5. Kukus dalam kukusan yang telah di panaskan. Kukus hingga matang.
6. Sajikan bersama saus
Saus:
Semua bahan saus di masak hingga mendidih sambil di aduk2. Angkat. Saring.
Sekian laporan dari saya. Semiga berkenan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar