warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Selasa, 11 September 2012

Rengginang Pelangi by Arni Kukis Lucu




Selamat sore....

Sudah menjelang magrib tapi udara masih panas , sangat menantikan hujan turun nih.
mau laporan lagi ya .. bikin yang kriuk kriuk buat teman minum teh , rengginang ...
makanan khas ini kalau di Bandung rasa nya gurih dengan aroma terasi , kalau yang
buatan madura pakai lorjuk . Kedua nya sama enak nya  apalagi kalau tinggal makan he he he

Saya tertarik membuat rengginang karena ada surat cinta dari seseorang yang meminta saya
membuat rengginang untuk rainbow week ini. Awal nya saya pikir haduuuuh pastilah repot , ternyata
setelah konsultasi sama teteh daniar member ncc yang asli Bandung , membuat nya cukup mudah.
Tapi proses nya yang memakan waktu , harus sabar yaa

Saya membuat rengginang ini kemarin, dan baru hari ini saya goreng karena menunggu rengginang
kering dulu kan. Rengginang ini saya buat dengan rasa manis  jadi setelah di goreng saya beri gula
di atas rengginang

monggo di coba

Rengginang Pelangi
source :  Teteh  Rosdaniar

600g beras ketan
1sdt garam
300ml air
pewarna  merk wilton dan cross:
merah, orange, kunign , hijau, biru dan ungu

Cara membuat:
1. Cuci beras ketan sampai bersih , kemudian bagi menjadi 6 . Taruh beras ketan di dalam 6 buah mangkuk
     rendam dengan air dan beri pewarna. Biarkan selama 3 jam
2. Tiriskan beras ketan  kemudian kukus . Selama proses pengukusan percikkan air ke beras ketan tadi sambil
     diaduk rata. kukus sampai matang 45 menit.
3. Angkat ketan yang sudah matang  beri garam aduk rata, kemudian kipas sampai uap panas nya hilang.
4. Siapkan loyang kemudian cetak bulat ketan dengan menggunakan tangan  atau bisa juga ketan di masukkan
    ke dalam ring cutter yang kecil . Jangan menekan ketan terlalu padat supaya rengginang tidak bantat hasil nya.
    Jika ketan lengket basahi tangan dengan sedikit air.
5. Jemur rengginang tadi di panas matahari , sampai kering.
6. Goreng rengginang dalam minyak banyak .

Besta gula
Bahan :
150g gula pasir
150ml air
* Panas kan gula dan air sampai menjadi kental , cipratkan ke atas rengginang yang telah matang ,dengan
  menggunakan garpu


salam pelangi di dapurku
aRni
www.viani-cookies.blogapot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar