warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Rabu, 12 September 2012

MOIST MARMER RAINBOW by Siti Norjanah



Assalamu’alaikum, dear trio host warna warni,,,,,???!!!!!!!

Kepingin banget nih ikutan rainbow week yang lagi  We Ouuu We di jagadnya NCC. Badge nya  bikin naksir abis, and must have item untukku. Bikin blog jadi tambah cantik pastinya!!!
Ini cake terispirasi blog mbak Ricke Just Ordinary kitchen ( ijin nyontek ya mbak.....) yaitu bronis kukus gulung dengan resep nyonya Liem. Tapi karena mau di warna warni jadi bikin bronisnya gak coklat, tapi putih ( bukan bronis jadinya tapi whitenis alias putih manis he he..) . Satu resep dibagi menjadi beberapa warna, yang kemudian dalam satu loyang di warni-warni. Ternyata lumayan ribet juga yah satu loyang berwarni. Malah jadi motif marmer rainbow jadinya.

Loyang pertama dikukus 20 menit. Maksud hati  rencananya mau di gulung, namanya juga bronis kukus gulung, tapi karena ketebelan ( loyang 20 X 20)  akhirnya malah pecah, gak bisa di gulung, ya udah, Cuma di bikin lembaran yang dipotong kotak.

Loyang kedua dikukus 15 menit aja, dengan harapan cake akan lebih lentur sehingga mudah di gulung, dan hasilnya malah cake patah pas dikeluarin dari loyang. Jadi gak bisa di gulung juga.

Loyang ketiga dikukus juga 15 menit, setelah selesai pengukusan, kemudian tidak langsung dikeluarin dari loyang, dibiarkan di loyang kira kira 15 menit juga, baru dibalik untuk digulung, tetapi ternyata bermasalah karena nempel di loyang. Hu hu huuuu sedih, meskipun rasanya enak, tetapi kurang representatif.
Ya udah untuk modal foto foto kepilih yang ada dibawah iniiii....
Mohon diterima trio rainbowwwww.

Bronis kukus gulung
By Ricke  adpated ny Liem

Bahan :
  • 6 telur ukuran besar
  • 225 gr gula ( aku 200 gr )
  • ½ sdt emulsifier
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdt vanila
  • 125 terigu protein sedang
  • 50 gr coklat bubuk ( aku ganti susu bubuk putih)
  • 125 ml minyak
  • 50 gr margarine/ butter
  • 100 gr coklat, lelehkan ( coklat putih) 


Filling, selai bluberry secukupnya ( gak jadi di gulung)
Loyang : 2 buah loyang uk 28 x28 x 3 cm ( aku jadi 3 loyang 20 x 20  )

Cara membuat ;
  1. Panaskan kukusan
  2. Kocok telur dengan gula, emulsifier, garam hingga mengembang ( aku sekitar 15 menit)
  3. Masukkan terigu, aduk perlahan.
  4. Masukkan coklat dan margarin leleh, aduk balik.
  5. Bagi menjadi 6 mangkok, warna biru ( Vins) , merah cabe ( kupu kupu), hijau ( cross),  Ungu ( kupu kupu) , kuning telor ( cross),  satu lagi tanpa pewarna.
  6. Tuang ke dalam loyang, buat motif marmer dengan garpu, kukus 10-12 menit ( aku sampai 15-20 menit, sehingga patah pas dikeluarin dari loyang).


salam manis, Tuwagacakes.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar