warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Kamis, 13 September 2012

Rainbow Puding Cake by Cut Nita

Dear trio host pelangi .......

Mau ikutan setor buat memeriahkan event rainbow week ncc, meski setorannya di penghujung waktu  :)
Sebelumnya, saya tidak pernah mencoba membuat puding cake seperti ini. Setiap mendapat resep seperti ini, pasti duluan gentar bakal gagal padahal harus berani coba lebih dulu kan biar tau bagaimana hasilnya. Jadinya, resep macam ini hanya menumpuk dalam file tanpa terdorong untuk uji coba. Kemudian Ncc datang dengan rainbow week dan itu bikin saya penuh semangat untuk mencoba pertama kalinya resep puding cake. Pilihan saya jatuh pada resep yang ini karena pas banget dengan event yang sedang berlangsung.

Alhamdulillah, hasilnya memuaskan ^_^  walau dengan sedikit insiden kecil oleh baby Daffa yang sempat menyandera cake tersebut untuk dinikmatinya dan keadaan terselamatkan dengan penawaran penukaran cake dengan kamera poket, meski dibeberapa permukaan cake sudah dicubit-cubit kecil oleh Daffa  :D
Setelah puding cakenya jadi, ternyata benar ya, warna warni pelangi pada makanan yang kita buat, mengagumkan karena penampilannya yang cantik, rasanya enak dan bikin ketagihan membuatnya lagi. Tentu saja pewarna dan pasta yang digunakan harus food grade demi sajian makanan yang cantik, enak dan menyehatkan.

Rainbow Puding Cake
Source : Tabloid Saji

Bahan :
3 butir telur
60 gram gula pasir
60 gram tepung terigu protein sedang
10 gram maizena
15 gram susu bubuk
65 gram margarin, dilelehkan
1/2 sdt pasta vanila

Bahan puding rainbow :
800 ml susu cair
2 bungkus agar-agar bubuk
100 gram gula pasir
6 putih telur
3/4 sdt garam
240 gram gula pasir
1/4 sdt esens stroberi
1/8 sdt pewarna merah cabai*
1/8 sdt pewarna jingga* (warna jingganya tidak keluar bagus, jadi saya tambahkan 4 tetes warna merah, dan hasilnya adalah warna jingga yang saya inginkan)
1/8 sdt pewarna kuning*
1/8 sdt pewarna hijau*
1/8 sdt pewarna biru*
1/8 sdt pewarna ungu*
(*saya menggunakan pewarna makanan merk koepoe-koepoe)

Bahan puding bening :
200 ml air
25 gram gula pasir
1/2 sdt agar-agar bubuk
1/2 sdt jeli bubuk

Cara membuat :
1. Cake : kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk perlahan.
2. Masukkan margarin leleh dan pasta vanila sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
3. Tuang adonan ke dalam loyang bulat diameter 22 cm, tinggi 3 cm yang dioles dan dialas kertas roti.
4. Oven dengan api bawah suhu 190'c 25 menit hingga matang.
5. Masukkan cake ke dalam loyang bulat diameter 22 cm tinggi 7 cm yang dialasi plastik. Sisihkan.
6. Puding : rebus susu cair, agar-agar bubuk dan gula pasir sambil diaduk sampai meletup-letup. Tambahlan esens stroberi. Aduk rata. Sisihkan.
7. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
8. Tuang rebusan puding sedikit-sedikit ke dalam kocokan putih telur sambil dikocok rata. Bagi adonan 6 bagian. Masing-masing ditambahkan pewarna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu. Aduk rata tiap adonan.
9. Tuang puding merah di atas cake. Biarkan setengah beku. Tuang puding jingga diatasnya. Biarkan setengah beku. Lakukan sampai adonan habis, dengan urutan warna selanjutnya kuning, hijau, biru dan ungu. Biarkan setengah beku.
10. Puding bening : rebus air, gula pasir, agar-agar bubuk dan jeli bubuk sambil diaduk sampai mendidih. Tuang diatas puding busa. Bekukan.

Selamat mencoba dan semoga berkenan.
Terima kasih  ^_^


Salam pelangi dari dapur saya,
Cut Nita

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar