warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Rabu, 12 September 2012

Rainbow Pudding by Widi Lie

Dear Trio Host Pelangi,

Saya sebagai ABG mencoba memberanikan diri untuk ikutan dalam NCCRainbowWeeks.
Sebenarnya saya ada dua pilihan hasil karya yang mau ditampilkan, apa daya karena ada keteledoran si pembuat (saya sendiri maksudnya) ...
Jadilah hanya satu karya yang ditampilkan, hikss...

Karya pertama sebenarnya adalah rainbow cupcakes modifikasi dari resep mbak Rina Rinso dengan topping swirl buttercream & sprinkles yang dibuat untuk hantaran Lebaran kemarin.
Semua 6 adonan warna sudah siap di-spuit. Tapi ternyata oh ternyata, adonan warna kuning kelupaan di-spuit pada saat gilirannyaa...(kok bisa ndak 'ngeh' yaaa...terheran-heran sendiri) Huaaaa... jadilah cuma 5 warna pelangi untuk cupcakesnya!
Karena si pembuat termasuk yang perfeksionis untuk acara NCCRW ini (ceilee...narsis dot com), maka gagal total deh rainbow cupcakes yang mau diikutsertakan ke NCCRW, walau tetap jadi hantaran Lebaran...hehehe...

Masih tidak mau menyerah untuk ikut serta di NCCRW, next project adalah membuat rainbow pudding. Karena penasaran sama rainbow pudding yang pernah diposting Mbak Dewi Anwar, jadilah saya coba buat juga.
Rainbow pudding ini untuk diberikan sebagai hadiah kepada tetangga ibu saya yang sangaaaaattt baik hatinya dan juga untuk adik saya dan keluarga yang berulang tahun.

Resepnya saya modifikasi dari resep Mbak Dewi Anwar :
(saya buat 2 resep untuk 1 loyang 1600 ml dan 15 cup es krim)

Bahan :

Bahan 1 :
2 bungkus agar-agar putih
1600 ml susu cair + 200 ml air
20 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
Pewarna makanan koepoe-koepoe biru, kuning muda, hijau, merah, jingga (@ 4-5 tetes)
Pewarna makanan trans ungu (4-5 tetes)

Bahan 2 :
1 bungkus agar-agar putih
900 ml air
10 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
Pewarna makanan koepoe-koepoe biru, kuning muda, hijau, merah, jingga (@ 3 tetes)
Pewarna makanan trans ungu (3 tetes)

Cara membuat :
1. Siapkan loyang plastik pudding ukuran 1600 ml dan 15 cup ukuran es krim cup standar, basahi dengan air matang, sisihkan
2. Siapkan 2 kompor karena menggunakan 2 bahan agar-agar
3. Bahan 1 : Campur susu cair, gula dan agar-agar, aduk sebentar sampai tercampur
4. Bahan 2 : Campur air, gula dan agar-agar, aduk sebentar sampai tercampur
5. Masak diatas api sampai mendidih sambil terus diaduk-aduk
6. Ambil adonan dari bahan 1 sekitar 300ml dan bahan 2 sekitar 100ml
7. Berikan tiap-tiap bagian pewarna makanan yang warnanya sama sesuai resep, dimulai dari warna merah
8. Masukan bahan 1 ke dalam loyang dan cup, tunggu sampai permukaannya membentuk kulit, tuang lagi bahan 2 secara perlahan dengan cara diallirkan dari pinggiran loyang supaya adonan tidak saling bercampur.
9. Lakukan hal yang sama utk tiap-tiap warna selanjutnya sampai selesai.


Dasar karena masih ABG dan belum berpengalaman, sebenarnya saya pertamanya hanya menggunakan 1 resep untuk 1 loyang 1600ml dan 15 cup pudding.
Ternyata .... pada proses warna ketiga, adonannya habisss....duh.... jadilah saya mulai lagi membuat 1 resep baru agar bisa memenuhi 3 warna selanjutnya.
Saat resep kedua sedang dibuat, saya sudah mulai panik karena takut puddingnya sudah terlalu 'set' sehingga tidak nempel lagi adonan berikutnya dan juga sempet tuh adonan susunya luber dari panci karena kelamaan ditinggalin di atas kompor tanpa diaduk-aduk...
Huaaa.... mau nangis rasanya melihat dapur sontak jadi kacau balau karena si rainbow ...Untunglah akhirnya dapat selesai pembuatan puddingnya tanpa ada insiden tambahan lainnya ...(ngelus-ngelus dada karena lega).

Akhirnya, besoknya rainbow pudding dalam loyang diantar dengan selamat ke tetangga, dan rainbow pudding dalam cup sukses dinikmati oleh adik dan keluarga.
Bahkan keponakan kecil saya yang karena jarang ketemu sehingga kurang akrab, mau dateng langsung ke saya untuk minta puddingnya, dan dia makan dengan lahap setelah sebelumnya mencium pipi saya sambil bilang 'tengkyuuu' ke tantenya ini ....
Aduuhhh...senengnyaaaa.....(sambil loncat-loncat kegirangan dalam hati) ..hehe...

Begitulah cerita saya mengenai keikutsertaan dalam NCCRW ini.
Tidak kapok deh ikutan next NCC Week lagi, kalo bisa dicium ponakan yang manis-manis...hihihi...

Maaf kalau agak over kuota fotonya.
Makasih sudah dilolosin oleh Mod dan trio host pelangi yaaa...


Regards,
Widi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar