warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Rabu, 12 September 2012

Rainbow Snow Skin Moon Cake by Guntur Suradjie



Dear : Trio Host & NCCers sekalian
Sebelum ditutupnya event Rainbow Weeks ini.. ABG hendak setor laporan untuk meramaikan ajang RW ini. Kali ini yang hendak saya laporkan adalah Moon Cake - Snow Skin (Moon Cake tidak dipanggang) 

Menurut penanggalan Cina setiap tanggal 15 bulan 8 diadakan festival Kue Bulan yang biasa disebut dengan Moon Cake Festival. meskipun saya belum pernah mencoba/mencicipi keaslian rasa dari Snow Skin Moon Cake ini, tetapi saya memberanikan diri untuk mencoba resep dari kue ini. terlebih jika dibuat dengan variasi 'Rainbow' yang sekarang lagi marak-maraknya.. tentunya akan menambah keindahan / nilai tersendiri. Resep ini saya dapat dari salah satu majalah bakery edisi bulan September 2012.
Berikut resep nya :

Bahan A (Sirup):
1000 cc Air
500 gr Gula Pasir
1 buah Air Jeruk Lemon (Saya skip)
NOTE: Untuk penggunaan sirup (bahan A) hanya 300gr. Jika berasa masih kurang halus dan lembut, bisa ditambahkan sedikit demi sedikit. (Tergantung karakter jenis tepungnya)

Bahan B :
300 gr Tepung Ketan, dikukus sebentar +/- 10 menit, lalu diAyak, sisihkan
300 gr Tepung Hongkong, di panggang sebentar +/- 10 menit, lalu diAyak, sisihkan
100 gr Mentega Putih
NOTE : Jangan lupa tepung diayak setelah dikukus maupun dipanggang. 

Bahan Isi : beli isian yang sudah jadi (saya pakai merk 'Trans')
Perasa : Strawbery, Orange, Lemon, Pandan, Mint, Talas @ 1 st (saya pakai merk 'Trans' dan 'Diva')
Pewarna : Merah, Orange, Kuning, Hijau, Biru, Ungu (secukupnya- saya pakai merk 'Trans')
Cara :
1. masak bahan sirup (A) sampai mendidih, dingikan.
2. aduk rata semua bahan B dan dituangi dengan bahan A sedikit demi sedikit (kurang lebih 300gr saja), sampai menjadi adonan yang halus dan licin (sampai dapat dibentuk). Bagi adonan menjadi 6, masing-masing beri rasa + pewarna.
3. Tunda adonan 1 jam (skip).
4. Timbang bahan isi sebanyak 2/3 dan kulit 1/3.
5. Bungkus bahan isi dengan kulit, cetak menggunakan cetakan 'Moon Cake'
6. Simpan dalam kulkas setelah dingin dapat disajikan.
Salam,
Gunz

1 komentar: