warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Rabu, 12 September 2012

Rainbow Bread by Dewi Oni




Niat untuk ikutan dalam Rainbow Week ini sudah ada sejak gong berbunyi tapi apa daya...ternyata banyak hal yang menghalangi.. dari asisten yang telat balik sehingga harus mengatur jadwal kerja di kantor dengan jadwal sekolah anak2x sampe pekerjaan kantor yang mendadak tambah banyak.
Tapi kayaknya memang jodoh untuk boleh majang badge di blog akhirnya di hari terakhir aku bisa bikin dan setor Yaaayyy....

Resep yang aku pakai adalah resep roti loaf yang menurut anak-anakku paling lembut dan wangi.. (he..he... kata mereka yang beli di bakery aja nggak seenak ini) iyalah...karena dibuat dengan cinta dan kasih sayang... Lebay.com
Resepnya tidak aku terjemahkan karena takut ada bahan yang salah diterjemahkan.

Hokkaido Milk Toast aka Rainbow Bread
(by Christine Ho)
(Dewi : 1/2 resep)

Untuk 2 buah (Ukuran loyang loaf : 20.5cmx10.5cmx9.5cm)
Bahan:
540 gm Terigu Cakra
86 gm gula kastor
8 gm garam
9 gm Susu bubuk full cream
11 gm Ragi Instant
86 gm telur, kocok lepas
59 gm whipping cream
54 gm susu cair
184 gm Water Roux
49 gm Mentega, lelehkan
Tambahan ---> pewarna koepoe-koepoe merah, kuning dan biru

Method (To make one loaf):
1. Masukkan semua bahan (kecuali mentega) ke dalam breadmaker, Dimulai dengan bahan basah (susu cair, Whipping Cream, Telur, Water Roux), lalu diikuti dengan bahan kering (Gula, Garam, Susu Bubuk, Terigu Cakra, dan ragi). Pilih menu“dough” di breadmaker (aku pakai Kenwood BM250). Saat adonan mulai terbentuk, masukkan mentega cair. Proses akan berjalan selama 1,5 jam.

2. Tuang adonan ke permukaan meja yang sudah ditaburi sedikit terigu. Kempiskan dan bagi adonan menjadi 3 bagian sama besar (Dewi : bagi 6). Tutupi dengan plastik wrap, biarkan selama 15 menit di suhu ruang.

3. Warnai masing-masing bulatan adonan dengan warna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu. Diamkan sekitar 10 menit.
Ambil adonan ungu, giling pipih memanjang seukuran loyang, olesi dengan sedikit air, timpa dengan adonan biru yang sudah dipipihkan. begitu seterusnya adonan hijau, kuning, jingga dan merah. Diamkan tumpukan adonan dalam loyang yang sudah diolesi mentega hingga mengembang 2 kali dari ukuran semula.

4. Oleskan telur kocok di permukaan adonan. Panggang pada suhu 180C (356F) selama 30 - 35 menit, sampai roti agak kecoklatan. Keluarkan dari oven dan pindahkan ke rak. Biarkan dingin sebelum diiris

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar