warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Rabu, 12 September 2012

Rainbow Churros with Chocolate Sauce by Meita Wilantara



Ola Trio host pelangi... kali ini mau laporan yang ke 2, Rainbow Churros with Chocolate Sauce..

Saya tuh seneng banget sama yang namanya Churros. Mau yang model dicelup pakai chocolate sauce, atau yang diisi pakai aneka selai di dalamnya, atau yang paling simple cuma dibalurin gula kaster dan bubuk kayumanis. Pokoknya kalau ditawarin ngga pernah saya tolak deh.
Kalau di negara asalnya (Spanyol), Churros ini biasa buat sarapan pagi. Dicelup selagi masih panas2 baru mateng ke dalam saus chocolate yang pekat (saus juga dihidangkan panas2). 

Beruntung, saya pernah ngalamin tinggal di Lisbon, Portugal dimana jadi negara tetangga si Spanyol, tempat asalnya Churros. Jadi boleh dibilang ngga terlalu sulit menemukan cemilan ini. Terutama kalau ada pasar malam, bisa dipastikan cemilan yang satu ini pasti hadir dijual dan antriannya pun selalu panjang. Kalau lagi ada kesempatan lompat ke negara tetangga, sudah dipastikan si churros ini yang saya cari duluan kalau mau sarapan..
Kalau lagi makan ini, dijamin biar si Cristiano Ronaldo lewat di depan mata, saya ngga akan nengok.. (ini kalo saya lho....ngga tau kalau orang lain nengok apa ngga..) hehehe..

Resep ini saya ambil dari BBC Good Food (Olive Magazine)

Untuk Churros, bahan2nya:
200 ml air
100 gr unsalted butter
175 gr tepung terigu (saya pakai segitiga)
1/4 sdt baking powder
3 butir telur yang besar (kocok lepas)
sejumput garam
1 sdt air bunga jeruk (saya ngga pakai)
parutan kulit jeruk (zest) dari 1/2 buah jeruk sankist
Minyak untuk menggoreng
Gula kaster untuk taburan secukupnya (saya ngga pakai)
Pewarna gel mejikujibiniu masing2 seujung sumpit (saya pakai wilton)

Untuk Chocolate Sauce, bahan2nya:
150 gr dark chocolate
150 ml double cream (saya pakai anchor whipped cream)
1 sdt unsalted butter
1 stik kayu manis
1 sdm dulce de leche (cara membuatnya bisa dengan merebus susu kental manis (masih dalam kalengnya dan belum dibuka) selama 1 jam, hingga SKM berubah kecoklatan menjadi seperti karamel) --> kalau mau di skip juga ngga apa2.
1 sdt vanilla extract

Cara membuat:
- Masak air bersama butter dan garam sampai mendidih, lalu masukkan tepung terigu beserta baking powder yang sudah di ayak. Matikan api, lalu aduk sampai tercampur rata dan adonan kalis (tidak menempel). Diamkan lebih kurang 15 menit sampai adonan menjadi hangat suam2 kuku.
- Masukkan telur, lalu kocok dengan bantuan mixer sampai adonan halus dan terlihat mengkilap. Masukkan air bunga jeruk (kalau pakai) dan parutan kulit jeruk, aduk rata. Tutup adonan dengan serbet bersih dan biarkan adonan istirahat selama 30 menit.
- Bagi adonan menjadi 6 bagian sama rata, lalu beri pewarna, aduk rata. Lalu masing2 warna dimasukkan ke kantong segitiga.
- Panaskan minyak sampai 1/3 tinggi wajan hingga mencapai suhu panas 180-190 derajat celcius.
- Susun setiap adonan sesuai urutan warna pelangi, lalu masukkan 6 kantong tersebut sekaligus ke kantong segitiga yang lebih besar. Gunting ujungnya bersamaan, lalu mulai di spuit ke dalam minyak yang sudah panas hingga sepanjang jari telunjuk lalu potong dengan menggunakan gunting. Goreng lebih kurang 45 detik setiap sisinya, jaga adonan jangan sampai berubah coklat (gosong), biar warnanya tetap cantik.
-Goreng hingga matang, angkat dan tiriskan. Taburkan dengan gula kaster jika suka.

Untuk membuat sauce chocolate:
- Cincang kasar dark chocolate, taruh dalam mangkok, lalu sisihkan
- Aduk rata di panci kecil, double cream, unsalted butter, kayu manis, dulce de leche dan vanilla. Panaskan di api kecil hingga pinggirannya muncul gelembung2 udara. Matikan api lalu angkat.
- Tuang cream ke dalam mangkok berisi coklat, lalu aduk rata hingga coklat lumer semua.
- Taruh dalam mangkok kecil/cangkir kecil dan sajikan dengan Churros, hangat2... slruuuppp!!

Yuk, dicoba.. gampang kok.. :)

Salam Pelangi, Ciao!!
Meita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar