warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Jumat, 14 September 2012

Hidden Rainbow Puding by Tina Trioanda

Melihat tampilan puding ini, seperti melihat pelangi yang tersembunyi dibalik awan, bagaimana cara membuatnya kita telusuri ceritanya ya....


Dear trio host RB..
Setoranku kali ini puding RB, tapi supaya beda dengan puding RB lainnya, agak dimodif dikit, bahan yg dipake juga bukan susu UHT, tapi pake Whipping Cream, rasanya juga beda ya, tekstur pudingnya lumer di mulut, sampe ibuku yg gak suka susu, ketagihan pas makan puding ini.
Oya.. ada sedikit accident, waktu nuang lapisan putih aku diamin kelamaan, jadi puding putihnya dah keburu keras, jadi aku"lem" pake agar2 bening, sedikit aja sih sebenarnya tapi setelah puding dilepas dari loyang keliatan bgt ya sambungannya, tapi gak apa2 deh, malah kayak ada tutupnya (bela diri ^_^)

Resepnya seperti setoran puding lainnya pake resep uni Dewi:
Rainbow Pudding
by Dewi Anwar modified by Tina Trioanda

Bahan 1:
1200 ml WhC Rich
2 bungkus agar2 plain
200-250 gr gula (sesuai selera)

Pewarna kue :
Merah : 5 tetes Cross Red Cherry
Kuning:  5 tetes Kupu-kupu Kuning Tua
Orange: 3 tetes Cross Red Cherry + 3 tetes Kupu-kupu Kuning Tua
Biru dan Hijau: Trans, masing2 5 tetes
Ungu: 3 tetes Diva +  3 tetes Cross Red Cherry
Loyang kotak 18 x 18

Bahan 2:
500 ml susu UHT +  500 ml WhC Rich
2 bungkus agar2 plain
200-250 gr gula pasir (sesuai selera)
Loyang kotak uk. 20 x 20

Cara membuat bahan1 (Puding RB):

  1. Siapkan loyang kotak 18 x 18, basahi dengan air matang, sisihkan
  2. Campur bahan 1 (kecuali pewarna) aduk sebentar sampai tercampur
  3. Masak diatas api sampai mendidih sambil trus diaduk2
  4. Bagi adonan menjadi 6 bagian sama rata, atau masing warna 200ml
  5. Berikan tiap2 bagian warna pelangi dimulai dari warna merah dst
  6. Tuang ke dalam loyang kotak 18 x 18, satu persatu tunggu sampai permukaannya membentuk kulit, tuang lagi adonan berikutnya secara perlahan dengan cara dialirkan dari pinggiran loyang supaya adonan tidak saling bercampur. Lakukan hal yang sama utk tiap2 bagian sampai selesai. Masukan dalam kulkas biarkan beku.
  7. setelah puding RB mengeras, lepaskan dari loyang, dan trimming pinggirnya -\+ 1 cm, sisihkan
  8. Cara membuat bahan 2 (Puding Putih):
  9. Siapkan loyang kotak uk 20 x 20l, basahi dengan air matang, sisihkan
  10. Campur susu cair, gula dan agar2, aduk sebentar sampai tercampur
  11. Masak diatas api sampai mendidih sambil trus diaduk2
  12. Bagi adonan menjadi 2 bagian atau sekitar 500 ml, tuang setengah bagian ke loyang uk. 20x20, diamkan sesaat (jgn kelamaan, nanti mengeras dan gak bisa nempel dgn puding RB-nya)
  13. Letakan puding RB dgn bagian berwarna merah dibawah (kalo aku terbalik ya..), diamkan kurleb 15 menit, tuang sisa adonan puding putih ke atas puding RB, setelah dingin masukan ke kulkas sampai mengeras.
  14. Sajikan dingin.


Suggestion:
karena puding ini sangat ribet membuatnya dan ternyata puding ini tidak bertahan lama (aku bawa ke rumah ortu), langsung habis dalam 1 jam, jadi harap siapkan waktu dan mental anda dalam membuatnya ^_^

Salam
Tina

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar