warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Kamis, 06 September 2012

Moci Rainbow by Chandra Levina

Kue moci ... kue berbentuk bulatan kecil, yang kenyal ketika digigit dan kejutan kerenyes-kerenyes kacang untuk isiannya yang rasanya khas sekali, dan baluran tepung tepung maizena dibagian luarnya.
Kali ini moci dengan tanpilan warna pelangi, tentu saja jauh berbeda dari tampilan moci pada umum nya.
Met sore Host Rainbow weeks..

ABG mau setor lagi nih.. kali ini mau setor Moci rainbow.. Demi setor Rainbow week NCC saya cepat2 cari resep yang berbeda dan langsung praktek jadi moci rainbow .

Sapa tahu setoran kali ini berkenan di hati para host dan dapet tokebi rainbow week yang bagus buanget .

Resepnya saya sadur dari balik kemasan gulaku (yang kebetulan pas di rumah orang tua ada gulaku baru dan tengok2 dapat deh resep moci na dari sana ). Yang pastinya saya edit dikit2..

Ini resep aslinya. yang tulisan warna pink adalah editan saya.

Resep Kue Moci Gulaku

Bahan :
300 gr tepung ketan
250 ml air panas
Pewarna makanan Merah, kuning, hijau --> aku tambahkan ungu, biru, orange. Pakai pewarna makanan Rajawali yang sudah ada sertifikasi halal dan aman di konsumsi oleh pemerintah

Bahan Isi (Haluskan) :
100 gr kacang tanah, sangrai, kupas --> dihaluskan menggunakan chopper
50 gr Gulaku --> saya ganti DCC
2 sdm wijen sangrai --> skip

Bahan Pelapis :
50 gr tepung maizena
50 gr Gulaku --> dihaluskan pakai chopper
1 lbr daun pandan --> skip karena stok di rumah habis

Cara Membuat  :
Pelapis : sangrai maizena dan daun pandan lebih kurang 10 menit, angkat dan dinginkan lalu campur dengan Gula halus, aduk rata, sisihkan.
Aduk tepung dan air panas hingga rata, tutupi sampai hangat. Uleni hingga lembut dan dapat dibentuk.
Bagi adonan menjadi enam beri pewarna, uleni hingga rata.
Ambil sedikit adonan, pipihkan lalu beri isi kacang halus dan potongan coklat DCC, bentuk adonan bulat.
Rebus bulatan moci hingga mengapung dan matang. Angkat.
Gulingkan moci diatas bahan pelapis hingga rata.
Sajikan Kue Moci Untuk : 50 Buah

Note : Untuk warna orange saya pakai 2tetes warna kuning dan 1 tetes warna merah

Salam pelangi

Vina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar