warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Senin, 10 September 2012

Bolu Tape Rainbow by Aisyah Velany

Siapa bilang cake Tape tidak bisa dimodifikasi layaknya pelangi...
Buktinya teman kita Aisyah Velany berani mencoba hal yang baru loh.. termasuk membuat Bolu Tape Rainbow ini..



Dear Trio Host Pelangi =)

Mau laporan hasil Bolu Tape Rainbow yang saya bikin karena kakak suka banget sama tape plus kepengen ikutan lagi NCC Rainbow Weeks, hehehehehe. 
Dulu, kakak biasa bikin di rumah jadinya hanya tape goreng, kalau berbentuk kue, pesen sama ibu temen saya. Semenjak saya mulai seneng bikin kue, maka dimulailah perjalanan membuat si cake tape ini, hehehehehe. Ini keempat kalinya saya bikin cake tape. Pertama kali bikin cake tape nyoba resep cake tape keju dengan cream cheese dari buku sedap. Seneeengggggg bangeeettt, jadinya lembut banget. Kakak bilang enaakkkkk (k-nya sampe lima loh) tapi tape-nya kurang berasa, pengennya yang berasa banget tape-nya dan padet fluffy tekstur cake-nya *hiks*. Padahal saya ga terlalu suka tape, makanya seneng banget sama hasil cake pertama ini, tapi karena penggemar kue bikinan saya hanya seputar orang rumah maka harus bikin lagi dong. Kebikinnya baru beberapa bulan kemudian siy, halaaaahhhhhhh.

Ternyata oh ternyataaaa, cake tape kedua ini gagal totaaaallll saudara-saudara. Walaupun kakak bilang enak (huruf k-nya cuma satu) tapi kok bantet ya. Huwaaaaaaaa, sedih buangeettt. Iya memang waktu mengocok telur dah berasa aneh, *hiks*. Over mixed, jadi turun lagi adonan-nya, apalagi setelah diaduk dengan campuran tape, cream cheese, dan margarine, tambah jadi turun aja adonan-nya. Kocokan telur jadi aneh, karena belum terbiasa sama mikser baru, harusnya seneng ya punya mikser baru, hehehehehe.

Mikser KA artisan (maaf sebut merek ya) ini belinya penuh kenekatan, liwat situs belanja online luar negeri, halaaahhhh. Niat banget belinya, hehehehehe.. karena masih anak bawang dan waktu beli juga belum jadi anggota NCC. Waktu itu nyari-nyari info di internet tentang mikser kok ga dapet-dapet ya, pas dapet infonya, kok mahal yaaa. Jadi mundur teratur dey. Pas nyari-nyari lagi bareng adekku, ehhhh ketemu.. kayak kejatohan bulan deh rasanya karena harganya lumayan jadi beda, *pantesan ga berfikir jernih yakkk jadi langsung ok-ok aja*, hehehehehe.. ternyata bisa di kirim ke Indonesia, langsung klak klik klak klik, kebeli, deg-degan nunggu, ehhhh ga sampai seminggu sampailah mikser-nya ke rumah. Ketika dicoba, dengan pede-nya baca buku sekilas info aja, perasaan dah ngerti dan mantap dehhh.. ehhhhhhh pas di pasang, loh kookkkkkkkkkkkkk, miksernya dance cha-cha revolution dengan penuh semangat alias kenceng banget putaran beater-nya sambil geser sana geser sini.. langsung dimatiin, bingung apa segitu semangatnya ya niy mikser luar negeri, halaaahhhh. Setelah teliti punya teliti cak cek sana sini di internet, ketemu yang jualan KA di Indonesia. Tidaaaakkkkk kemana saja dahulu kala sebelum kebelii nii mikserrrrr.. mana mba yang bantuin cari solusi baik banget lagi. Infonya ada perbedaan voltage, bawaan KA artisan ini masih 120 V, sedangkan di Indonesia 220 V dan kalau mau jadi 220 V di miksernya langsung ,biayanya mahal, jadi disaranin cari alat step down transformer (stabilizer juga bisa siy, tapi dah kebelinya step down transformer ini) dan berhasil, heheheheh. Mba-nya bilang termasuk beruntung karena miksernya ga kenapa-kenapa, meleduk gitu misalnya… hiyaaahhhhh, pokoke untung banget.. akhirnya sekarang dah ga dance cha-cha revolution lagi miskernya.. tapi sampai sekarang ya itu, masih belajar nemu waktu yang pas untuk kocok telur karena volume telur yang dikocok berbeda-beda. oh iya, mikser ini juga jadinya ga ada garansinya karena belinya ga di Indonesia *hiks*

Akhirnya, pucuk di cinta ulam tiba, terjadi keberhasilan mengocok telur untuk cake tape ketiga *horaaaayyyyy*, modifikasi dari resep bolu tape NCC dan cake tape keju buku sedap, tapi memang nasip baik belum memihak si cake tape ketiga ini *hiks*.. Pas aduk balik masukin tape, cream cheese, whipped cream, dan susu, adonan jadi turun. Pastinya karena terlalu pede pake acara modifikasi resep segala yaaa karena mau manfaatin sisa whipped cream cair dan cream cheese plus di panggangnya pake acara au bain marie segala dengan niat dapet tekstur yang lembut *gubragg* memang terlalu berlebihan si jeng aisyah velany ini yaa.. Hasil cake-nya puaadeettt, walo enak (huruf k-nya tetep satu) kata kakakku tapi kayak bantet, tapi yang nyicipin nambah, hehehehehe.. orang-orang kantornya juga ikutan nyicipin, katanya enak (huruf k-nya tetep satu).. tapi tetep aja masih kepikiran, *hiks* plus seneng ada pendapat selain anggota keluarga *semangaaattttt*

Sekarang nyoba lagi, bikin Bolu Tape Rainbow, sekalian ikutan NCC Rainbow Week, hehehehehe.. dan tentu saja sangat berharap bolu ini jadinya enakkkkkk (dengan 6 huruf k) dong.. Bikinnya hari minggu lalu, dari pagi dah siap di dapur dengan semangat membara. Masih deg-degan pas ngocok telur, ternyata selamat, horaayyyy.. okeh, selanjutnya masuk terigu, mantappp selamat jugaaaa… pas mau masukin tape, loh kookkk tape-nya menggumpal gumpal, tidaaakkkkkkk, jadi inget cake tape ketiga, itu juga menggumpal campuran tape-nya dan bikin ga rata pas di aduk di adonan telur. Maka langsung ambil blender yang untungnya baru aja minjem dari rumah kakak (niat mau bikin macaroon), trus blender dulu, sambil ngelirik ke arah adonan telur yang udah kemasukan terigu, plus harap-harap cemas apa yang akan terjadi yaa. Setelah adonan tercampur rata, untung banget, kok ga turun ya niy adonan, hehehehehe.. masih bisa berharap okeh niy jadinya. Terus di bagi 6 bagian adonan, kasih pewarna, cakepppp deyyy niy adonan. Dipanggangnya dua batch dan ternyata batch kedua warna merah, orange, dan hijau jadi padet *hiks*.. kakak dah icip, katanya enak+jempol *seneng* tapi padet katanya *hiks*.. Adekku bawa pulang ke kos-an, di icip temennya juga (asikk ada orang selain keluarga lagiiii), katanya enak, tapi bantet ya katanya, huwaaaaaaaa *jlebbbb ketusuk nembuss pulaa tapi tambah semanggaaatttt* …Akhir kata, tetep harus ada bolu tape kelima ini siyyyyyy, hehehehehe… Iya, penasaran bikin kue belum okeh, pengen nyoba lagi, mudah-mudahan pengalaman ini itu bisa jadi masukan ya, buat aku or temen-temen yang baca.. Jadi malu, kayaknya heboh amat bikin cake tape aja *hiks*.. maklum, masih anak bawang, hehehehehe.. oh iya, waktu pertama motret Bolu Tape Rainbow ini kok ga cakep ya, udah puter sana sini ga nemu juga.. akhirnya di tinggal tidur-tidur ayam (apa ya bahasanya?) sambil ngimpi-ngimpi motret kue, akhirnya bangun, keluarin kue dari kulkas, setelah di potong ulang plus di trim pinggirnya, ehhhh kue-nya langsung jadi cakep, hehehehehe..

Resepnya menggunakan Bolu Tape NCC dari http://ncc-indonesia.com/detail.php?aid=457

Bolu Tape
 :: Penulis : Fatmah Bahalwan 

Bahan Bolu:

5 btr      telur utuh
3 btr      kuning telur
200 gr   gula pasir
1 sdm   cake emulsifier (saya tidak pakai)
200 gr   tepung terigu
300 gr   tape singkong
200 ml  santan kental (kara)
1 sdt     garam
Parutan keju cheddar secukupnya untuk taburan atas adonan warna merah (tambahan)

Bahan Cream Cheese frosting dari The hummingbird bakery cookbook:
300 gr icing sugar ayak (saya pakai 50 gr)
50 gr unsalted butter (saya pakai 30 gr)
125 gr cream cheese dingin
200 gr whipped cream bubuk yang telah dikocok sesuai cara membuat yang tertera di box-nya (tambahan saya)

Icing sugar dan unsalted butter di kocok hingga lembut, masukkan cream cheese yang telah di kocok lembut, kocok hingga rata. Aduk rata dengan whipped cream yang sudah dikocok.

Cara membuatnya:

1.      Siapkan loyang muffin (saya pakai loyang brownies 26x10), poles mentega (saya pakai alas kertas roti). Sisihkan.

2.      Haluskan tape singkong, buang seratnya, cairkan dengan sepertiga bagian susu. Jangan sampai masih menggumpal. Sisihkan.

3.      Kocok semua telur, gula pasir, garam hingga kental. Masukkan tepung terigu bergantian dengan susu, sambil diaduk hingga rata, masukkan tape, aduk rata.

4.      Bagi adonan menjadi 6 bagian kira-kira @150gr, beri pewarna makanan: merah (merek cross), orange (merek cross), hijau (merek trans), biru (merek trans), dan ungu (merek trans) masing-masing 5-6 tetes. Tidak pakai pewarna kuning karena adonan sudah berwarna kuning.

5.      Tuang adonan ke dalam masing-masing loyang. Panggang dalam oven, suhu 180 derajat celsius, selama 10-15 menit, atau hingga matang. Jangan kelamaan, dapat menjadikan bolu kering. Angkat dan dinginkan.

6.      Susun bolu sesuai warna dari atas: merah, orange, kuning, hijau, biru, dan ungu. Beri cream cheese frosting di tiap layer-nya. Agar potongan kue rapi, potong saat kue dingin.

Baiklahhh maaf yaa kepanjangan curhatnya, mudah-mudahan dilolosin dan ga ada salah-salah, hehehehehe.. 

Makasi Tim Trio Host Pelangi,
Aisyah Velany

Tidak ada komentar:

Posting Komentar