warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Rabu, 05 September 2012

Kue Cubit Rainbow by Rina Sofiany

duh.. duh... duh... coba deh lihaatt.. cemilan sederhana masa-masa sekolah SD dulu, jadi berubah cantik yaa di tangan mba Rina ... jadi kue Cubit Rainbow loh saudara-saudara... ^_^


Ikutan lagi ah, supaya rainbow weeks makin rame dan variatif dengan berbagai macam makanan yang bisa dibuat berwarna-warni bagaikan pelangi.

Kali ini pilihan jatuh ke kue cubit. Sebetulnya ini bukan kue masa kecilku, karena selama tinggal di kota pahlawan Surabaya jajanan khas anak SD ini tidak ada. Jajanan ini aku kenal saat mulai kost di Bandung.

Cetakan kue cubit-nya aku beli saat masih hamil Nadya (sekarang si anak gadis sudah hampir 11 tahun) dan belinya saat jalan-jalan di sekitar jl. Alkateri Bandung. Dan setelah itu sang cetakan sangat bermanfaat, apalagi saat Nadya mulai bersekolah TK di kawasan warung buncit. Setiap pagi bakul kue cubit pasti sudah stand by nongkrong di depan halaman sekolah. Tapi daripada beli mendingan buat sendiri saja, soalnya gak perlu ragu-ragu dengan bahan-bahan yg digunakan. Dan setelah terbiasa membuat kue cubit sendiri, kalau beli di abang kue cubit, setiap kali abis makan kue cubit pasti merasakan after taste yang tidak enak.

Resep kue cubit banyak bertebaran di jagat maya. Ada yang pakai ragi, ada juga yang menggunakan baking powder. Ada yang dimikser hingga mengembang, ada yg sampai kaku, tapi ada juga yang cuma di aduk-aduk seperlunya. Kali ini kue cubit yang aku buat adalah versi cepat dan praktis. Cuma pakai balon whisk dan baking powder dan yang istimewa adalah warna-warni pelangi menghiasnya. Diawal uji coba membuat kue cubit ini taburan meises aku hilangkan, tapi ciri khas kue cubit tidak kelihatan. Akhirnya tetap deh kue cubit rainbow dikasih taburan meises di atasnya.

Tertarik dengan kue cubit buatan rumah ? Ini dia resep kue cubit yang aku pakai. Hasilnya tidak mengembang tinggi seperti kue cubit yg dijual abang-abang, tapi rasanya boleh di adu, apalagi kue cubit ini tidak meninggalkan after taste yang tidak enak di lidah.

Kue Cubit

Bahan :

100 gr gula pasir
150 gr terigu serbaguna
2 butir telur
100 ml susu cair plain (misalnya susu Ultra)
1 sdt baking powder
pasta rainbow dari Golden Brown (1 paket isi 6 buah, dijual di TBK)
meises sebagai taburan

Cara membuat :

1. Campur jadi 1 gula pasir, terigu, telur, baking powder. Aduk rata dengan whisker atau kalau gak ada bisa pakai sendok kayu.

2. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan licin dan bercampur rata.

3. Siapkan 6 wadah/mangkok, beri pasta Golden Brown 3 tetes, kemudian campur dengan 2 sendok sayur adonan kue cubit. Diamkan 10 - 15 menit.

4. Adonan siap di panggang di atas cetakan kue cubit. Oles cetakan kue cubit dengan pengoles loyang (carlo, palmia atau yg lain) atau margarin. Panaskan cetakan, setelah panas tuang adonan 3/4 tinggi cetakan. Masak dengan api kecil dan tutup cetakan supaya uap panasnya tidak kemana-mana. Taburan bisa diberikan saat kue setengah matang.
--
rina rinso

Dapurku : http://ala-rinarinso.blogspot.com
Etalaseku : http://pochopa.com
whatsapp : 087768021153

2 komentar:

  1. terimakasih mbak, info resepnya :)
    http://goo.gl/21T1Mx

    BalasHapus
  2. terimakasih mbak, info resepnya :)
    http://goo.gl/21T1Mx

    BalasHapus