warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Senin, 03 September 2012

KUE MANGKOK RAINBOW - Nana Mardiana


Ssstttt, kata siapa banyak orang ngeri melihat tampilan kue rainbow? Nana malah punya pengalaman sebaliknya loh. Kue yang tadinya hanya satu warna, setelah dibuat nuansa rainbow hasil penjualannya meningkat tajam...Wooooww!! Ini dia ceritanya...

Assalamualaikum, Wr.Wb
Slamat malam semua.....
Sehat semua hari ini .....
slamat bekerja buat ibu Host........( pasti pusing ya mikir rainbow ...)hehehehe

Nana pengen setor lagi buat thema NCC RAINBOW WEEK .... tapi masih seputar jajanan tradisional.....
Kenapa nana pilih slalu yg tradisional....??? jawab nya :

" kue tradisaional bisa masuk di :
                        - All segment sosio class ekonomi....
                        -  All Age.....
                        -  All Profesi....
                        -  All Gender....
                        - All Event...
   di lihat dari sisi sosial nya ..jika di lihat dari sisi Place nya : kue tradisional bisa masuk di :
                        - pasar basah...
                        - Pasar moderent
                        - HCO market ( Higt Cuntomer outlet, Misalnya : Hotel bintang 5, hypermart )

di lihat dari sisi Price nya, kue tradisional tersedia dari harga yg terjangkau.... uang saku / uang jajan anak anak pun bisa menjangkau lho...
tapi ada juga yg harganya lumayan tinggi karna kwalitasnya juga bagus.

klo masalah tampilan dan display... kue tradisional itu bagi nana, lebih keliatan bernilai seni tinggi dan ga mboseni ( apa ya bahasa indonesianya mboseni itu ??? ). apa lagi jika ada di tangan tangan yg kreatif... dengan memakai bahandecorasi yg ada di sekitar kita.... dan mudah di dapat dengan nilai ekonomis yg minimum.....dan pasti nya kue tradisonal ga bakal kalah jika bersolek.

Sedangkan bahasan nana tentang kue mangkok di sini menihat kondisi bahwa, klo kue mangkok yg beredar di pasar biasanya haya 1 item warna saja. maksud 1 item warna di sini, jika putih ya putih aja...jika pink ya pink aja.
Dari kondisi kue mangkok yang seperti ini, perilaku konsumen tidak bisa di pengaruhi untuk konsumtif terhadap kue mangkok itu sendiri. Kecuali.... jika terjadi moment keagamaan... seperti saat sembahyangan agama budha... hindu... biasanya kue mangkok yg 1 item warna ini bisa meningkat permintaan nya dari kondisi biasa.


Dengan fenomena prilaku konsumen yang seperti ini, nana berusaha mendongkrak selling out terhadap kue mangkok, dengan jalan mendisain kue mangkok tersebut bercorak rainbow maupun yg berdisplay Rainbow.
dengan harapan bahwa dengan terdobraknya disain warna tunggal pada kue mangkok, dengan disain rainbow.... omset sales out kue mangkok akan bergerak naik.... dan hasilnya.... LUAR BIASA..... omset sales nya meningkat . segmen konsumennya juga bergerak maju. artinya , kue mangkok yg tadinya hanya di minati oleh golongan konsument tertentu.... dengan bertampil corak rainbow.... koleksi konsumen kue mangkok rainbow pun mulai merambah anak remaja dan ABG.... dan biasanya di pakai sebagai GIFT ......dengan berpacking menarik pula.
sampai teman FB nana pun jatuh cinta dengan kue mangkok rainbow juga lho.... di samping rasa nya yg Ok dari resep NCC, juga berdandan cantik  ala rainbow....
Trimakasih ya mbak NIKEN NIKITA... dan Ci NINIK VIO EVO.... karna cintanya ama kue mangkok rainbow ini,... akhirnya kue mangkok rainbow dapur indah sari masuk ke dalam  Divisi IMPORT PT. PAKERIN....... ( masuk di pakai camilan selama jam kantor buat hilangin kejenuhan terhadap rutinitas dan menepis rasa laparrrrrrrrrrrrrrrrrr....... )

( Slamat ya kue mangkok.... dirimu mulai banyak yang  cinta setelah berdandan ala rainbow...... ).

Dalam pembuatan kue mangkok nana memakai resep milik NCC. ( trimakasih NCC atas resep kue mangkoknya....). ada beberapa kondisi yg nana perlu sesuaikan dengan kondisi nana, dan berikut komposisinya :

KUE MANGKOK NCC : ( modif by mardiana nana ). Resep aslinya NCC nana tapilkan pada tabel di bawah di akhir penulisan diskripsi ini bersama dengan tabel pewarna yga nana pakai.

150 ml air rebus bersama gula pasir
60 gr gula pasir .
**** Rebus dua bahan tersebut di atas smapai mendidih dan saring lalu dinginkan.setelah bener bener dingin baru di pakai.

120 gr tape singkong. ( biasanya nana pakai tape singkok warna kuning khas probolinggo yg terkenal manis dan heeeemmmm enakkk )
150 gr Gula kastor
 *** Kocok dua bahan tersebut diatas. ampe tercampur rata dengan memakai hand mixer.jangan lupa buang dulu serat tulang tengahnya tape .
lalu sisihkan.

200 gr tepung beras ( nana biasa pakai produk rose brand )
200 ml air dingin ( nana bisanya ambil air dingin ini, dari es batu yg nana tuangi air es. jadi dingin banget gitu airnya...)

100 gr trigu pro sedang ( nana biasa pakai segi tiga biru, produk bogasari )
150 ml air soda ( nana biasa pakai sprite )
1/2  sdt BPDA ( nana biasa paki merk hercules , prodak nya Bakels )

caranya :

Ada beberapa teman FB yg mengeluh terhadap pembuatan kue mangkok ini. karna ga mau mekar.
menurut pengalaman nana sih ya.... sepertinya mereka kurang telaten dalam pengadukan adonan. sehingga adonan yg ada tidak tercampur rata. Adonan kurang ter-stimultan satu sama lainnya.

Jika  lihat dari komposisi bahan, sebenernya kue mangkok ini berbahan baku yg berat , artinya macam bahan yg ada bersifat sulit untuk bersahabat satu sama lain nya. Misal nya :

Di sini ada tape, meski telah ter-fregmentasi, tapi dia adalah singkong. yg nota bene bertolak belakang dengan kehadiran terigu . demikian juga dengan tepung beras nya. jika pengadukan tidak sempurna... si tepung beras biasanya suka ngambek... alias mengendap di bawah. di tun jang kehadiran gula yg mengandung glukosa. dan berberat jenis yg cukup berat.

Sehingga penting dan crusial sekali pengadukan yg di butuhkan agar tercampur sempurna, dan menghasilkan kue mangkok yg mekar cantik... seperti ibu host kita di NCCRW.......hehehehehe....

( Back to literatur )

Setelah gula yg di rebus dingin, kita bisa mulai proses pembuatan nya.
aduk tepung beras bersama air dingin . uleni ( jangan lupa cuci tangan dulu yaaaaa....pakai sabun kesehatan lho........ jangan sabun cuci piringgg..... )
sampai tercampur rata, dan antar tercampur rata dengan tidak, biasanya terasa kok, juga terlihat dengan jelas. bahwa adonan tersebut telah tercampur rata. masukkan tape yg telah di haluskan , uleni kembali, sampai rata juga. dan pastikan tercampur rata, untuk menghindari kue mangkok tidak mekar. tidak ada batasan berapa lama kita uleni, tapi yg terpenting seberapa sempurna nya kita uleni adonan tersebut. ok...????


Berikutnya, masukkan rebusan air gula yg telah dingin. dikit demi dikit. di masukkan dikit demi dikit dini, untuk membantu penyampuran adonan biar tercampur sempurna.
lalu maukkan terigu berserta BPDA dikit demi dikit pula. dan awas bergerindil ya.... untuk menghindari adonan kasar... atau bergerindirl. di akhir proses, biasanya aku saring.
penyaringan aku lakukan setelah di tuang dengan air soda.....tapi jika udah yakin bahwa tidak ada lagi yg bergerindil dan tidak ada lagi tulang dari tape singkong.... ....??? Sikat ajaaaaaa............. langsung cetakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk.

Dan ingat.... pengukusan kue mangkok berbeda dengan pengukusan bolu kukus. meskipun tampilan nya sama sama mekrok.
di kue mangkok di butuhkan LIFE TIME pengukusan nya 20 menit. jika klakat nya bertutup bentuk segi empat. penutupnya tidak perlu di kasih kain . karna titik airnya tidak akan menetes di atas permukaan kue....
titik air akan jatuh di  lereng penutup klakat sesuai besar kecil nya sudut  tersebut.. tapiiiiiiiiiiiiiiiiiii...................

Jika klakat kita bertutup bulat dan berbentuk datar..... hukum nya wajib di beri kain. untuk mengindari tetesan titik air. karena penutup klakat / pengkukus yg berbentuk bulat dan datar, akan menimbulkan titik air yg jatuhnya tegak lurus ke bawah, dan  kue yg di bawahnya pasti akan basah terkena tetesan titik uap air tersebut.


Tehnik pembentukan corak rainbow pada kue mangkok. :
Setelah adonan tercampur rata dan siap di cetak, bagi seluruh jumlah adonan tersebut menjadi 6 warna rainbow. dan di cetaknya pada cetakan kue mangkok dengan cara di sendoki dengan sendok makan aja. tip warna 1 sendok. lau kukus ..selesai dah...dan nantikan kejutan mekarnya kue mangkok................. setelah telaten .... sabar..... dan ulet uleni adonan dari awal ampe akhirrrrr..............tererengggggggggg............. kue mangkok ku..... ada di gambar ini.


Resep ORIGINAL KUE MANGKOK MEKROK NCC :
- 125 gr tape singkong
- 175 gr gula pasir
- 100 gr terigu
- 150 gr air
- 75 gr gula pasir
- 200 gr tepung beras
- 200 ml air dingin
- 150 ml air soda
- 1 sendok teh baking powder


tabel pemakain pewarna :


item                   jumlah pemakaian             Merk                Register                                            Expire date  

Merah tua                 2 tetes                                    Red bell       BPOM RI MD 263110117120    Des'14
Orange                     1 tetes                                   Cross            BPOM RI MD 263109027213   Des'14
Kuning                     2 tetes                                    Red bell       BPOM RI MD 263110117120    Des'14
Hijau tua                  2 tetes                                    Red Bell      BPOM RI MD 263110117120     Mrt'15
Biru                          2 tetes                                    Red Bell      BPOM RI MD 263110117120     Sep'14
Ungu                         4 tetes                                    cap merak  BPOM RI MD 263113083150     Des'15


Demikian diskripsi dari nana....Terima kasih... Para Ibu Host NCCRW.......slamat bertugas...dan smoga bermanfaat . amin..

Waalaikum salam....
Salam hangat,
Mardiana nana - dapur indah sari


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar