warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Minggu, 02 September 2012

Lidah Kucing Rainbow by Eru - I. Muzakki


Meski dalam proses pembuatannya memerlukan kesabaran yang ekstra, tapi tetap tidak menyurutkan niat Eru I. Muzakki untuk membuat cookies cantik ini. Bahkan hingga rela nggak tidur semalaman loh... 

Hi...., Trio Host Pelangi

Boleh ya ikutan meramaikan event ncc kali ini yang bertema rainboweek dan ingin mengatakan pada dunia bahwa tidak semua makanan yang memakai pewarna (pewarna makanan tentunya) yang warna-warni itu tidak sehat untuk tubuh. Asal kita tahu dengan pasti komposisi makanan tersebut dan kualiltas bahannya (yang pasti harus halal untuk muslim) tidak ada salahnya kita nikmatin warna-warni indah makanan tersebut.

Kali ini aku bikin lidah kucing rainbow (cookies). Selain memanfaatkan sisa putih telur dari bikin nastar, sekaligus juga memuaskan rasa penasaranku membuat cookies lidah kucing (xi..xi...xi....malu-maluin ya hari gini baru bikin yang namanya lidah kucing, kemana aja yach diriku selama ini) dan asyikya ngelukis alias nge-rainbow si lidah kucing. 

Yang pasti butuh kesabaran yang ekstra membuatnya, apalagi buat aku yang masih setia dengan otang kesayanganku, butuh waktu lama untuk menyelesaikan 2 resep yang aku siapkan untuk lidah kucing rainbow-ku ini (sssttttt aku rela lho semalaman gak tidur demi lidkuc rainbow ini, soalnya nyari waktu yang aman dari gangguan anak-anak dan pekerjaan rumah yang lain).


Resepnya selalu setia dengan resep dari Bu Fatmah, pakai yang lidah kucing moka tapi tanpa pasta moka dan tambahan pewarna makanan warna merah, oranye, kuning, hijau, biru dan ungu. Pewarna makanannya aku pakai merk kupu-kupu dan merk merak (yang gampang aku dapatkan di tbk dekat rumah cuma merk itu - BPOM RI. MD. 263113084156
Produsen : Sinar Muda, Surabaya (Sinar Yong)). 

Resep LIDAH KUCING RAINBOW 

Bahan :
250 gr mentega
175 gr gula bubuk
75 ml putih telur
250 gr terigu protein rendah (kunci)
1/4 gr baking powder (aku kemarin untuk 2 resep aku pakai 1 gr baking powder)

Caranya :
1. Kocok mentega dan gula hingga mengembang sekali.
2. Tuang putih telur, lanjutkan mengocok hingga rata. 
3. Masukkan terigu dan baking powder, kocok hingga rata.
4. Masukkan adonan dalam 6 mangkuk (dari 2 resep yang aku buat, tiap warna kurleb 280 gr adonan)
5. Beri warna untuk tiap-tiap mangkuk 
    aku : 
    merah  : 1/4 sdt
    oranye : 1/4 sdt kuning + 1/8 sdt merah
    kuning : 1/4 sdt
    hijau    :  1/4 sdt
    biru     : 1/2 sdt
    ungu    : 1/2 sdt
6. Masukkan masing-masing adonan ke dalam piping bag/plastik segitiga
7. Poles loyang dengan mentega, lalu semprotkan adonan ke atas loyang, bergantian tiap warnanya.
8. Panggang dengan panas api kurleb 20 menit dengan suhu 150 celcius. 
9. Angkat dan biarkan hingga dingin, baru dikemas di toples.
10. Simpan dalam toples kedap udara. 

NB : 
Kalo ingin mencoba bikin lidah kucing ini, siapkan stok kesabaran yang ekstra, xi...xi..xi....

1 komentar:

  1. untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari... murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027
    Resep sudah teruji dan terpercaya


    Http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

    BalasHapus