warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Minggu, 09 September 2012

MARTABAK RAINBOW - Rini A

Seringkali malam-malam menonton tivi bersama keluarga terasa kurang lengkap tanpa kehadiran si manis satu ini....martabak manis. Mengapa tidakdibuat sendiri ya? Hadirkan bersama warna pelangi, tentu beda rasanya.

Hello Again All,

Ini laporan aku yang ketiga untuk NCCRW, ceritanya tadi siang aku bikin orderan brownies ketan hitam dan prol tape, tiba-tiba waktu beli coklat di TBK ada tukang martabak langganan aku, kok rasanya dah lama ya ga makan martabak keju jadi pengin banget beli, tapi berhubung yang beli antirannya panjang sekali aku jadi malas beli karena takut kelamaan. Sampai rumah aku masih kepengin banget makan martabak keju, so aku buka file resep martabak bolu yang aku dapat dari blognya ci Yenni di http://resepdapurcakestation.blogspot.com. Aku dah pernah bikin martabak bolu ini dua kali dan rasanya enak, tapi kali ini aku beri pewarna sekalian biar bisa ikut NCCRW :).

Oh ya ada yang bikin aku happy banget setelah martabaknya jadi, anakku yang berumur 19 bulan suka banget dengan martabaknya karena warna-warni yang ceria (habis 4 potong loh). Selain itu suamiku juga bilang martabaknya lucu jadi cerah dikasih warna dan rasanya enak. ah senangnya kalau dapat pujian dari keluarga karena menyukai masakan kita :D.



ini resepnya ya:

 Martabak Bolu Rainbow Keju

A
200 gr terigu segitiga
35 gr gula pasir
1\2 sdt baking powder
1\2 sdt garam
270 ml air
1 sdt ragi instan

B
3 telur
1\2 sdt soda kue
40 gr gula pasir

Cara Membuat :
1. Campur dan aduk rata bahan A diamkan minimal 2 jam.
(kalau udara agak dingin -malam- mungkin bisa sampai 2,5 jam)
2. Kocok bahan B, campurkan ke bahan A yang sudah mengembang.
3. Panaskan teflon dengan api kecil. Teflonnya jangan di oles mentega atau minyak.
(aku pakai teflon 26 cm)
4. Bagi adonan menjadi 6 bagian, beri pewarna koepoe 4-5 tetes.
5. Tuang adonan, kecilkan api.
Kalau pakai teflon biasanya suka rada hangus, karena itu pakai api kecil saja, tunggu sampai muncul gelembung-gelembung di permukaannya.
6. Kalau sudah timbul gelembung walaupun belum rata, ambil segenggam gula pasir lalu taburkan rata diatas permukaan adonan.
7. Tutup sebentar adonan supaya atasnya matang.
8. Setelang matang, segera pindahkan martabak ke atas talenan atau alas lainnya, beri 2 sdm mentega (atau lebih spy 'banjir'), ratakan, taburkan topping kesukaan misalnya keju, coklat mesis, coklat kacang wijen atau apa saja sesuai selera, terakhir siram martabak dengan susu kental manis sampai rata.
( biasa aku masukkan susu kental manis ke dalam kantung segitiga lalu di coret-coret ke atas martabak)
9. Belah martabak jadi 2, jangan sama besar, yang satu bagian harus lebih besar sedikit spy klu di tangkupkan bisa tertutup. Olesi lagi permukaannya dengan mentega. Potong2 dan sajikan.

cookingcakesmynewhobby.blogspot.com
FB: Angel Cakes Corner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar