warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Senin, 10 September 2012

RAINBOW MASHED POTATOES - Meita


Menjadi ibu memang harus pandai, termasuk mensiasati anak yang susah makan sayur. Mashed potato ini dibuat dengan warna alami yang terbuat dari sayuran, agar putri tercinta makan sayur tanpa dia sadari. Yuk dicontoh!

Hallo host trio pelangi.... selamat siang.. :D

Kali ini saya mau ikut NCC Rainbow Week ah.. secara setiap hari mantengin email2 yang masuk, berseliweran si rainbow yang cantik2, jadi kepingin ikutan.
Resep ini terinspirasi oleh putri saya. Sejak dia berumur 3 tahun (sekarang udah 5 tahun) mulai mogok makan sayur2an. Pokoknya kalau sudah waktunya mau makan, belum apa2 dia sudah kasih warning "No green, mommy!".. Akhirnya mommy-nya yang harus putar otak deh..gimana caranya biar sayur2an itu tetap masuk ke mulutnya. Kebetulan dia senang sekali dengan mashed  potato, nah, mulai deh saya campur2 si kentang dengan beraneka sayur dan umbi2an. Kadang dicampur sama wortel, kembang kol, bayam, brokoli, ubi, pumpkin atau labu siam. Ngga sekaligus dicampur sama sayur itu semua sih... tapi satu2. Kali ini kentang+wortel, besok kentang+bayam.. gitu deh pokoknya.

Untuk event NCC Rainbow Week ini, saya jadi kepingin coba2 sekaligus eksperimen.. Gimana rasanya kalau kentang pure aneka rasa itu disusun tumpuk jadi satu.. hehehe.

Oh iya, dari beberapa hari yang lalu, saya udah mulai hunting si bunga telang untuk warna biru. Tapi ternyata ngga semudah yang saya kira ya... Ngeliat ada di deket sekolah anak saya, tapi ya jauh didalam pekarangan rumah orang. Trus pernah juga lewat di pinggir jalan ada si bunga telang melambai2 minta dipetik.. tapi pohonnya tinggi banget.. sampai akhirnya 2 hari lalu pas lagi nemenin anak main di playground, eh, ada si bunga telang ini..akhirnya dengan seijin satpam setempat, 8 buah bunga telang saya kantongi.  Sampai rumah, saya tinggal mandi sebentar.. dan apa yang terjadi?? pas saya selesai mandi, itu bunga ternyata dimainin sama anak saya dan ART saya ngeberesin begitu selesai dimainin (baca: dibuang).. Huaaaa..carinya udah susah payah, pas dapet eh, malah dibuang! *nangis bombay*


Akhirnya dengan berat hati, diputuskan si biru dihilangkan dari rencana semula..
Untuk warna ungu, saya pakai ubi ungu.
Untuk warna biru, saya eksperimen ubi ungu dicampur blenderan brokoli+kentang pure. (kalau di skip juga ngga apa2)
Untuk warna hijau, tumisan ayam dicampur blenderan brokoli.
Untuk warna kuning, tumisan ayam dicampur sharp cheddar (keju cheddar yang warna orange).
Untuk warna orange, kentang pure+blenderan wortel
Untuk warna merah, kentang pure+blenderan paprika merah.

Resep RAINBOW MASHED POTATO with CHICKEN by Mommy-nya Azska.
Bahan-bahan nya:
1kg kentang, kupas lalu kukus.
2 buah wortel, kupas lalu kukus trus di blender
1 buah paprika, buang biji lalu kukus trus di blender.
1 buah ukuran kecil brokoli, kukus sebentar lalu blender
2 buah ubi ungu, kupas lalu kukus
1 buah dada ayam, potong kotak
3 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
100 gr sharp cheddar, parut
3 sdm mentega
2 sdm minyak untuk menumis
lada dan garam secukupnya.

Cara pembuatannya:
Haluskan kentang yang sudah di kukus sampai menjadi pure. Tambahkan 2 sdm mentega, lada dan garam. Aduk rata, bagi 2 sama rata.
Ambil 1/2 bagian kentang pure, campur rata dengan blenderan wortel.
1/2 bagian kentang pure yang lain, campur rata dengan blenderan paprika.
Haluskan ubi kukus sampai menjadi pure, tambahkan 1 sdm mentega, lada dan sedikit garam.
Untuk ayamnya, panaskan 2 sdm minyak lalu masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis sampai harum. Masukkan ayam yang sudah dipotong kotak2, tambahkan lada dan garam sesuai selera. Tumis sampai ayam matang dan air terserap habis.
Bagi ayam menjadi 2 bagian. 1/2 bagian ayam campur dengan blenderan brokoli, lalu aduk rata, sisihkan. 1/2 bagian lainnya campur dengan parutan sharp cheddar, aduk rata lalu sisihkan.
Untuk penyusunan, dengan menggunakan cetakan alumunium, ubi ungu di bagian dasarnya, lalu untuk warna biru (campur sedikit kentang pure+sedikit ubi ungu+sedikit blenderan brokoli, ternyata ini jadinya bukan warna biru...huhuhu) masukkan ke cetakan di atas warna ungu. Lalu masukkan ayam tumis brokoli, lalu masukkan tumis ayam keju cheddar, lalu masukkan kentang pure+wortel, dan terakhir paling atas ditutup dengan kentang pure+paprika.
Terakhir, mau dibakar lagi juga boleh... mau langsung di makan juga udah enak..
Soal rasanya, ternyata ngga aneh kok.. walau makannya dicampur sekaligus gitu.. heheh
Sekian laporan saya, semoga bisa di terima ya para host yang baik...

salam pelangi,
Mommy-nya Azska.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar