warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Selasa, 11 September 2012

My Very First Steam Rainbow Cupcake by Anindita Rachmah

Dengan tekad dan semangat 45, akhirnya Anindita bisa berkata : ' ya aku bisa kok bikin kue'
Mau tahu bagaimana perjuangannya dalam membuat cake untuk yang pertamakalinya ini... silahkan meluncuurr....



Dear trio host pelangi.. Yg berbaik hati

As the title, ini rainbow cupcake steam pertama ku, benar benar pertama mengingat tidak pernah menyentuh dunia per-bakingan n cake cake an, cake yg pernah kubuat adalah popcake. Selain karna semangat 45 ikutan rainbow week ncc, juga target suami pulang dinas aq harus bisa bikin kue.
Jadi baru baru ini saya gabung dengan ncc dan makin semangat utk bisa bikin kue karna baca baca pengalaman pendahulu pejuang baking yg sangat inspiratip.
Perjalanan membuat kue sederhana ini tidak sesederhana kue nya, karna tadinya saya akan membuat kue panggang dengan otang tua yg sudah lama nongkrong di gudang, ternyata setelah turun dari persembunyiannya si otang ini rak nya kabur entah kemana, dan urung lah acara baking, kemudian hingga detik detik nccrw hampir berakhir ternyata dpt semangat krna nemu resep rainbow steam berikut:

Steamed Rainbow Cake

By: Rindu ai-sha

bahan:
4 butir telur
10 gr emulsifier
200 gr gula pasir
aduk & ayak:
140 gr terigu + 1 sdt bubuk perisa vanilla susu
150 ml minyak

pewarna makanan: merah(hakiki) 5 tetes, kuning(koepoe2) 8 tetes,orange(rajawali) 7tetes, biru(cross) 7 tetes, ungu (trans)(7tetes)

Saya ganti dengan pewarna rajawali:
Merah, kuning, hijau, ungu,-- masing2 2 tetes.
(Warna orange saya buat dg mencampur kuning dan merah masing2 satu tetes, warna biru tidak ada karna ternyata si mbak yg melayani tidak menyertakan, tidak mungkin saya balik lagi karna jarak toko lumayan dari rumah)

cara:
1. kocok telur, emulsifier, & gula pasir hingga kental (jangan sampai kental berjejak).
2. ayak campuran terigu & perisa ke dalam campuran telur, aduk rata dgn spatula
3. masukkan minyak & aduk rata dgn spatula.
4. bagi adonan menjadi 5 bagian & warnai masing2 bagian dgn merah,orange, kuning, hijau, & ungu.
5. Saya gunakan cetakan cupcake, aslinya menggunakan loyang 20x20(indri-loyang bulat 20cm,tinggi 7cm), tuang adonan merah & kukus dgn api sedang 10 menit/sampai matang (test tusuk).--- dan saya langsung memasukkan semua warna satu persatu sesuai urutan jadi step saya sampe 5 aja
6. lanjutkan dgn warna orange dst.
7. ulangi langkah di atas sampai seluruh adonan matang.

Lanjut ya critanya, nah pas asyik siapin bahan heboh lah dengan si kecil, akhirnya ikut lah itu si kakak bantuin. Setelah semua step dijalankan, nah nunggu nih kloter ke dua untuk masuk steam, lha kok ndilalah tiba tiba sunyi.. Ternyata LPG abissss.. Ampuuuunn buru buru donk telp toko langganan, ternyata dia juga keabisan stok, toko berikutnya, oke dapet, lha kok nunggu sejam ga datang2, jadi apa ini kue didlm dandang tuh.. Ga brani intip pernah baca katanya ga bole dibuka buka sblm matang... Hadehhhhhhh.. Bijimana ini.. Dan sampe sekarang saya mengirim laporan ini itu dandang masih nangkring di kompor, dan saya harus keliling nyari LPG ini naik motor siang bolong, semoga adonan yg didalam dandang dan yg ngantrii diluar tdk apa2. Nanti ya saya laporin lagi.. Hahaha
Alhamdulillah ada yg terselamatkan dr steam percobaan pertama kali dan bisa diintip bagaimana penampakannya.
Mohon maap cerita nya sampe panjaaaaaaaaang, sekalian curhat biar lega...

Dan alhamdulillah setelah menunggu kedatangan tabung LPG (sekitar 1 1/2 jam an) si kue ini tidak ada yg cacat..
Alhamdulillah bisa menemani ayah dan mertua saya berbuka puasa.. 

Akhirnya aku bisa bilang, ' ya aku bisa kok bikin kue'.... Hihihi..

Salam pelangi,
Anindita Rachmah || Dita
Hp/WA 081703778246
 pin:25635147
dita4979@yahoo.com
Sent from my ChocoBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar