warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Senin, 03 September 2012

APEM SELONG RAINBOW - Nana Mardiana


Apem Selong, kalau di Jawa Timur biasa selalu ada jika ada acara selamatan. Bentuknya bulat pipih lebar dengan tepian krispi. Di tangan Nana, bentuk bisa saja dimodifikasi sesuai selera. Yang penting esensi bahan dan rasanya kan?

Assallamualaikum Wr.Wb...dan slamat pagiiiiiiiiiiii.............
Slamat ketemu ama ibu host NCCRW...........dan slamat ketemu lagi di event NCCRW ............yg mengkupas tentang segala sesuatu yg serba rainbow........

untuk kali ke 4 ini ( setelah kirim lemper rainbow, kue mangkok rainbow dan sikaporro rainbow.... ) nana bahas kiriman yg serba rainbow untuk display apem selong.
Slama ini secara turun temurun... yg di bilang apem selong itu hanyalah apem berukuran besar dan bersirip /kerak/selong.

Pengertian selong disini menurut nana adalah lembaran tipis yg ada di pinggir berwarna kecoklatan, yg berasal dari adonan apem itu sendiri.....( HOW ABOUT YOU .....???? )
Kalo masalah ukurannya sih.... tergantung kita dan kreasi kitanya ya.... mau ukuran besar.... mau kecil... mau bentuk bulat... bentulk Love... bentuk bergerigi tepi cetakannya... ga masalah.... tergantung kreatifitas nya pelaku kuliner itu sendiri......
Tapi in prinsip.... SELONG nya wajib ada.........

Klo di tanya asalnya apem selong ini sih... nana akan jawab berdasarkan " TIME LOCATION" nya... nana jawab Banyumas....


karna pertama kali nana makan ini apem selong sebenarnya pas nana PELATNAS DI JARUM KUDUS, dan suatu saat nana berwisata kuliner bersama team cabang olah raga lainnya semasa nana masih jadi ATLIT , ke Pekalongan.. Semarang... dan Banyu mas....
pertama kali nana makan ini pas nana ada di Banyumas. di salah satu penginapan  saat breakfast...pada even tersebut. .... dan saat itu nana bilang " ENAK......."maklum ... namanya juga seorang atlit... taunya latihan dan makan  buat jaga stamina aja......... klo di suruh bikinnnnnn....aow..aow....aow... jauh dari pikiran ......tapi sekarangggggggggggg..... hampir tiap hari si apem selong mini pot ini membuat rumahku harummmmmmmmmmm...... bau apem selong....dan hapir tiap hari ada konsumen pesan apem ini....

seiring dengan berjalan nya waktu...... banyak bermunculan pelaku kuliner di nusantara ini. apem selong yg dulunya bentuk lebar dan besar bersirip dengan topping daun pandan saja. atau nangka saja.... dengan warna putihnya.
kini tampil dengan beragam bentuk... ukuran... dan macam-macam topping nya.....
Dan ini salah satu bukti bahwa yg klasik pun bisa bertampil cantik..... tidak monoton....... ..... dengan bertampil Rainbow.

Tambah satu lagi keuntungan yg di peroleh dari Influence Rainbow.... buat peningkatan sales ....tadinya hanya pesen warna putih saja dengan minim order 25 PCS..... setelah berdisplay rainbow....................
konsumen yg tadinya hanya pesan 4 set saja... ( 4 set = 24 biji apem all calour rainbow { 4 X 6 jenis warna })bisa terdongkrak men
jadi 6 set lho.... dan ini jelas menguntungkan buat nana produsen apem selong mini pot ini. klo dengan warna clasik saja ( putih. ) mungkin orang cukup pesan 20 atau 25 biji  saja. Tapi setelah bertampil rainbow dan berdisplay rainbow..... konsumen pasti akan pesan apem dengan kelipatan 6. sesuai warna rainbow tersebut.

Dan smoga dengan saya ikutkan apem selong mini pot rainbow saya ini ... bisa mengobati rasa kangen mbak RINA RINSO teman FB saya terhadap apem selong ini.......... mbak Dewi Sari di oklohama.... terimakasih telah menyambung tali silaturahmi lewat  apem ini, buat kado kak yani yg nge favorid ama Jajanan APEM.......dan seorang teman FB saya .... yg menurut beliau....penasaran dengan serat yg terjadi sempurna pada apem selong ini.

Komposisi Apem selong yg telah nana upgrade sesuai dengan lidah orang surabaya.
( resep ini nana dapat dari budhe nana yg ada di kutoarjo- jateng.... trimakasih budhe 'nding....)
dan ini resep kloningan ke 2 nana. khususnya perubahan ada pada biang nya.

Bahan biang :

1 sendok makan ( ragi instan merk apa saja dan jenis apa saja, mau sashet, mau paking lepas)
400 ml air kelapa segar ( air dari kelapa yg akan kita parut tersebut )

----> posisi ini yg penentu pertama akan keberhasilan apem kita bersarang sempurna
        penentu ke duanya saat dilakukan peng - geblokkan pada adonan saat pencampuran bahan dan sesaat sebelum di tuah ke cetakan
        kan.........

*** aduk rata dulu adonan biang, diamkan selama 90 menit dengan tertutup kain bersih.jangan di goyang dan di aduk aduk.
     ( lama yaaaa.......)

sambil nunggu terfregmentasi sempurna adonan biang tersebut..kita siapkan santan kanilnya ... rebus dengan daun pandan.yg telah di cuci bersih... ( klo orang surabaya bilangnya di Pleret  daun pandannya supaya ga kotor...)

750     ml santan kental dari 1 Pc kelapa kupas bersih, parut halus, ambil kanilnya.
 1        lembar daun pandan cuci bersih , simpulkan
1/2     sendok teh peres garam halus

didihkan dengan api kecil sampai mendidih dan tetap di aduk supaya tidak pecah. jika sudah mendidih.. lalu dinginkan ....jika benar benar telah dingin.. baru bisa dipakai... untuk bikin adonan....

siapkan bahan lainnya :
750 ml santan yg telah di rebus dan didinginkan dg suhu ruangan.
500 gr tepung beras. ( aku pakai tepung beras merk rose brand )
280 gula pasir ( klo mau manis.. bisa di tarik oplosan gulanya sampai 350 gr )

setelah waktu fregmentasi sudah cukup... campur jadi satu dalam baskom besar bahan tersebut. kecuali bahan biang ya....
aduk dan uleni tepung beras, gula pasir dan santan .  sampai bener bener tercampur rata dan tidak bergerindil....
geblok dulu kurang lebihnya 30 menit ( itu sara dari budhe nding saya.... ) Tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii...... slama ini nana cuma geblok selama paling lama cuma 10 menit aja.......... ( nana bawaannya buru- buru terus banyak kerjaan yg mau di kerja.... )

jika telah yakin tercampur rata adonan tersebut, masukkan adonan biang lalu aduk rata kembali dan diamkan ... jangan di aduk aduk.... lalu tutup dengan kain bersih selama 30 menit.

siapkan bahan topping ... apa saja deh... sesuai seleranya masing masing....
biasanya aku pakai kan nenas, daun pandan, strrawberry, kismis, pisang raja, nangka juga bisa....atau ada yg mau coba topping apem dengan potongan buah kiwi di susun kayak mini FRUIT PIE giltu..... cantik kali yaaaaa.....Uhuyyy....

panaskan cetakan agar bener bener panas lalu oles mentega ... tutup kembali. jika Life time fregmentasi usai... beri 6 warna rainboe.... dengan komposisi pemakaian warnanya ada pada tebel di bawah tersebut. lalu cetak setinggi 3/4 tinggi di tuang bersama 1 sendok sayur pada lubang cetakan, tiap akan menuang pada cetakan, geblok terlebih dulu adonan dalam baskom ini. sampai buih di atas adonannya hilang... ( kudu sabar ya... biar dapat serat yg sempurna... ) tuang....lalu tekan adonan yg tertuang tersebut dengan sendok sayurnya....supaya nempel di dinding...dinding.... cetakan lalu jika kering dia akan membentuk " SELONG".....yg cantik se cantik ibu para Host NCCRW.......... dan se indah RAINBOWWWWWWWWWWWWWWWWWWW.............

tabel pemakain pewarna :


item                             jumlah pemakaian             Merk                Register                               Expire date  

Merah tua                    5 tetes                             Red bell       BPOM RI MD 263110117120    Des'14
Orange                        3 tetes                              Cross            BPOM RI MD 263109027213   Des'14
Kuning                         5 tetes                              Red bell       BPOM RI MD 263110117120    Des'14
Hijau tua                      5 tetes                             Red Bell      BPOM RI MD 263110117120     Mrt'15
Biru                              5 tetes                             Red Bell      BPOM RI MD 263110117120     Sep'14
Ungu                            8 tetes                               cap merak  BPOM RI MD 263113083150     Des'15


slamat mencoba dan bereksperiment ya teman....... smoga berhasil....
dan slamat  nikmati coffe break buat para ibu Host yg cantik ....................sukses buat anda semua....

Wasallam ........ dan, salam baking.....
Mardiana nana - Dapur indah sari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar