warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Selasa, 04 September 2012

LAPIS BERAS RAINBOW - Caya Hazerizal


Kadang, romantisme kenangan akan orang-orang yang kita cintai bisa memacu diri untuk membuat kudapan yang mengingatkan akan orang tersebut. Seperti yang satu ini, selalu mengingat ibunya ketika mengingat kue lapis beras yang selalu dibuat oleh sang ibu.

Salam Pelangi ...

Lapis beras ini selalu mengingatkanku pada ibuku, sebelum ibu kena stroke, beliau sering sekali membuatnya karena merupakan kue kesukaannya. Aku sering terkejut saat ibuku tiba-tiba datang hanya untuk mengantarkan lapis beras yang baru dia buat #padahal jarak rumah kami jauh#

Sekarang, aku yang membuat kue ini dan mengantarkannya kerumah ibuku. Walau belum pernah membuatnya sendiri, tadi pagi aku semangat 45 berusaha membuatnya # alamaaakkk lamanya ngukus selapis demi selapis #tepok jidat# #


Sekalian usaha dapet badge NCCRW, aku warnain rainbow deh lapis berasnya supaya bisa masuk RoTGnya :)
Resepnya aku ambil dari buku cake and cookies antigagalnya NCC

Bahan :
100 gr sagu
275 gr tepung beras
300 gr gula pasir
1 sdt garam
1 1/2 ltr santan
3 lembar daun pandan
6 lembar daun jeruk purut
Pewarna merah, jingga, kuning, biru, ungu @2 tetes (aku pakai kupu-kupu) + pasta pandan kupu-kupu 2 tetes

Cara Membuat :
1. Masak santan, daun pandan dan daun jeruk sambil diaduk aduk hingga mendidih. Angkat dan biarkan dingin
2. Taruh dalam wadah : tepung beras, tepung sagu, garam, dan gula pasir, aduk rata. Tuangi santan matang sedikit demi sedikit sampai santan habis, sambil diuleni hingga menjadi adonan encer.
3. Bagi adonan @ kurang lebih 200 ml kedalam 6 mangkuk, beri pewarna @2 tetes dan sisa adonan dibiarkan putih.
4. Siapkan loyang uk 18x18x8cm, poles dengan sedikit minyak sayur dan alasi dasarnya dengan plastik. Tuang adonan dimulai dari warna ungu, kurang lebih 100 ml . Kukus dalam dandang yang sudah beruap banyak selama 10 menit.
5. Tuang 100 ml sisa adonan ungu, kukus 10 menit. Tuang 100 ml adonan putih, kukus 10 menit. Tuang 100 ml adonan biru, kukus 10 menit. Begitu seterusnya sampai adonan habis. Terakhir,kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin.
6. Keluarkan dari loyang, potong-potong. Sajikan

Cheers,
Caya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar