warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Rabu, 05 September 2012

Pisang Goreng Pelangi by Anik Kurniawan

Pisang goreng olahan sendiri  pisangnya hasil dari kebun sendiri, tentu lain rasanya apalagi dengan tampilan pelangi seperti ini... pingin nyomot aja... :-)




Assalammualaikum ibu-ibu host pelangi week, mohon diterima kiriman pisang goreng dari saya ya......
Kebetulan Uti aka nenek anak-anak saya datang berkunjung kemarin dan salah satu yang selalu beliau bawa untuk oleh-oleh para cucu adalah pisang kepok hasil dari kebun belakang rumah nenek. Pisang kepok yang Uti bawa special yang dalamnya orange jadi dikukus saja sudah manis, apalagi diolah dengan berbagai ragam resep tambah ciamik.

Masih ingat waktu si sulung baru lahir, langsung mau dikasi maem sama Uti dengan pisang ini, maklum jaman ibuknya dulu aka saya dari lahir procot sudah diberi makan pisang, karena belum mengetahui tentang pentingnya ASI ekslusif, tapi no wonder way kita-kita yang produk jadul ini malah tahan banting dengan segala perubahan cuaca, bahkan seingat saya kami anak-anak Uti ini tidak ada yang diikutkan imunisasi.

Tapi ya kembali lagi ke pola makan kami yang sejak dulu hampir tidak pernah jajan, kalau pergi piknik Uti selalu membawa bekal, bahkan ini berlangsung sampai sekarang ketika kami ajak bebergian beliau pasti wanti-wanti tidak usah jajan karena kita bawa bekal, tetapi untuk menu-menu makanan yang khas beliau juga tidak enggan untuk mencoba.

Alhamdulillah sekarang saya coba terapkan kepada putra-putri saya, kalo bisa jangan jajan sembarangan, apalagi edukasi tentang makanan sehat selalu dan selalu diberikan disekolah sehingga ini meringankan beban saya dalam mengedukasi anan-anak.
Tinggal bagaimana kita selaku orang tua pandai pandai mensiasati kejenuhan anak dengan memberikan makanan dan camilan yang bervariasi dan salah satunya yang mau saya hidangkan berikut ini.

PISANG GORENG PELANGI
By Anik
Bahan :
1 sisir pisang kepok yang baru matang kupas kulitnya, sisihkan
250 gr tepung terigu serba guna
5 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
2 sdm margarin
1/4 sdt vanili bubuk
Air secukupnya
3-4 tetes warna pelangi cross

Cara membuat :
Campur semua bahan dan tambahkan air sedikit demi sedikit hingga diperoleh kekentalan adonan yang diinginkan.
Bagi adonan menjadi 6 dan masing-masing beri warna sesuai warna pelangi.
Panaskan minyak dalam penggorengan.
Susun pisang berjajar diatas piring, lalu tuang sesendok warna merah pada salah satu sisi lalu disusul warna jingga, kuning, hijau,  biru dan terakhir ungu, lalu goreng hingga matang.
Semoga berkenan, terima kasih.
Salam
Anik
www.dapurmamasofi.blogspot.com

2 komentar:

  1. Kerennn, mau buat juga ach, boleh nyontek kan mbk? Salam-Neyna, Pekanbaru-

    BalasHapus
  2. wah, menarik sekali. boleh dicoba ya, skalian ijin....

    BalasHapus