warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Selasa, 11 September 2012

Pizza Peuyeum Rainbow by Rini Anggreini

Tape Singkong (peuyeum) dibikin Pizza ? trus dipercantik pula, layaknya Rainbow...???... hhmmm... penasaran nih jadinya... seperti apa ya kira-kira resep dan proses pembuatannya. 



Dear Trio Host Pelangi dan Teman-teman semua,

Aku laporan lagi nih, jangan bosan ya :D. ceritanya hari ini mau bikin orderan prol tape, kirain tape dah ga ada dan kebetulan ada abang tape lewat langsung deh beli sekilo. waktu buka kulkas loh kok masih ada sisa tape beberapa hari yg lalu abis bikin brownies tape, pas aku cobain ternyata masih enak. Pikir kalo kelamaan nanti ga baik rasa raginya semakin keras, ya udah bikin cake tape aja deh. Waktu buka buku resep kok udah semua cake tape aku dah bikin, akhirnya aku ke mbah google langsung cari resep berbahan tape yg enak dan belum pernah aku bikin. Ga lama kemudian tiba-tiba aku baca Pizza Peuyeum, wah ini aneh banget pizza dari tape pikirku. setelah baca resepnya di blognya mba Devi http://devims.wordpress.com, langsung deh aku buat. 

Ada kejadian lucu waktu aku bikin pizza ini, anakku juga ikut ngebantuin loh, ngebantuin makanin tape dan di acak-acak...sempat kaget juga ngeliat si tape di buang-buang ke lantai, untungnya yang akan aku pakai sebagai toppingnya ga kebuang karena sudah diselamatkan. 

Resepnya : 
 
 Pizza
1/2 bungkus ragi isntant fermipan
300 gr tepung terigu protein sedang
1 butir kuning telur
3 sdm margarin dan 3 sdm minyak goreng
200 ml susu cair

Topping
Peuyeum/tape singkong lumatkan
kismis cincang halus (aku ga dicincang)
Selai blueberry untuk olesan
Gula untuk taburan
Keju mozarella/ quickmelt/cheddar parut
Cara Membuat:
  • terigu + fermipan aduk sampai rata, tambahkan mentega aduk rata, tambahkan minyak aduk rata
  • Masukkan telur aduk rata, masukkan susu aduk sampai benar2 kalis, kalau masih agak keras, tambahkan susu / minyak
  • Diamkan 15 menit, dalam posisi tertutup serbet
  • Kalau sudah 15 menit, ambil adonan roti, uleni sekali saja, masukan kedalam loyang pizza / teflon(aku loyang bulatukuran 26cm), ratakan, tusuk2 dengan garpu.
  • Bagi Peuyeum/tape menjadi 6 bagian beri pewarna koepoe mejikuhibiu masing 3-4 tetes.
  • Oleskan selai blueberry diatas adonan roti, lalu tape lumat, gula pasir dan keju parut, taburi kismis 
  • oven 20 menit dengan suhu 190dc sampai kecoklatan.
FB: Angel Cakes Corner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar