warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Rabu, 05 September 2012

Rainbow Jar Cake by Dian Permatasari

Cake In Jar kali ni hadir dari dapurnya Salt & Sugar, bagaimana proses pembuatannya ? kita simak saja yuk cerita dan resepnya.



Selamat malam Trio Host,

Mau coba untuk ikut memeriahkan rainbow week lagi. Semoga bisa lolos ya :)
Kali ini ceritanya ada teman yang anaknya mau ultah ke-1 dan minta tolong dibuatkan rainbow jar cake untuk bingkisan ke teman2nya.
Resep yg saya gunakan adalah resep Cake Pandan Putih Telur Ny.Liem (yak betul, masih sama dengan laporan sebelumnya). dengan sedikit modifikasi, pandan saya ganti dengan vanila extract secukupnya. berikut adalah resepnya:

Bahan A:
350gr putih telur
250gr gula pasir
1 sdm emulsifier
1/2 sdt garam
Bahan B:
200gr terigu
30gr maizena
20gr susu bubuk
Bahan C:
100gr margarine leleh (saya pakai blueband gold, enak jg rasanya) *maaf bukan salesnya blueband :)
150 ml santan/susu cair (saya pakai UHT Ul*ra)
Cara:
- kocok bahan A hingga soft peak
- masukkan bahan B yg sudah diayak, aduk rata
- masukkan bahan C, aduk rata
- bagi adonan menjadi 6 bagian dan beri warna masing2 2-3 tetes. Pewarna yg saya gunakan:
* hakiki: hijau apel
* cross: ungu, biru, kuning
* koepoe-koepoe: merah tua
* americolor: orange
- tuang ke loyang yg sudah dioles mentega, alasi kertas minyak, dan olesi mentega lagi (saya pakai loyang diameter 20cm)
- dikukus kurleb 5-7 menit (krn dandangnya kecil, jd bolak-balik 6 kali ngukus. Cakenya gak jd bantat atau cair krn ngantri. Krn ada emulsifiernya jg mungkin ya?)
- stlh matang, angkat, dinginkan, keluarkan dr loyang, letakkan di wier rack.
- setelah benar2 dingin, cetak bentuk bulat2 sesuai wadahnya. Saya kmrn tiap warna jadi 7 bulatan
- stlh itu saya masukkan ke jar bergantian dengan creamnya (whipped cream anchor + gula bubuk saja)

Sekian laporan dari saya. Terimakasih trio host
Salam pelangi :)

Salam
Dian Permatasari - Salt & Sugar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar