warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Sabtu, 08 September 2012

RAINBOW PUDING - Ella Momma


Puding ini dibuat untuk ulang tahun buah hati tercinta, ditata layaknya cake in jar.....sekilas, kita memang tidak akan mengira bahwa ini adalah puding. Lucu ya?

Ibu-ibu Peri,

ABG nekat nyetor aplikasi dapur waktu anak ulang tahun. Mudah-mudahan diloloskan laporan ke NCC Rainbow week. Ini medianya tabung mika untuk cupcake yg bawahnya aluminium (sempat deg"an bocor gak yahh), traynya nyaplok dari lemari piring*nampan*, biar netral di alas kertas roti..hehehe


Ini setoran ke dua buuuuu :p

Rainbow Puding ala MamahD
Sumber :
http://masakanmelly.blogspot.com/2011/11/agar-agar-pelangi.html?m=1


Bahan A

Agar- Agar : 10 gram
Gula pasir : 1/2 cup / kurleb 110gr (gak terlalu manis)
Air : 1 liter
daun pandan : 5 helai (gak pake)

Bahan B

Agar - Agar : 10 gram
Gula pasir : 1/2 cup
Santan : 1 liter dari 1 kelapa (beli fresh dari pasar dkt rmh)
garam : 1/2 sdt

Bahan C

pewarna : americolor - merah, Kuning, Hijau, Biru (utk dpt orange : merah + Kuning dan utk dpt ungu : Biru + merah)

Cara Membuat :

1. Masak Bahan A sehingga mendidih. Masak pula Bahan B sehingga mendidih.

2.tuang ke dalam gelas ukuran sebanyak 250 ml agar-agar santan (Bahan B).,lalu beri pewarna setetes ato secukupnya,aduk rata, lalu tuang ke dalam loyang.Tunggu sebentar sehingga agarnya setengah keras.

3. sementara menunggu agar lapisan pertama hampir mengeras, tuang ke dlm gelas ukuran sebanyak 250 ml agar-agar yg ngga pake santan (Bahan A).,lalu beri pewarna yg sama seperti lapisan sblmnya,aduk rata lalu tuang ke atas lapisan pertama,yg sudah agak mengeras tadi..

3.Ulangi step 2 dan 3 sampai agar-agarnya habis digunakan.

4.Setelah selesai melapisnya, tunggu hingga dingin, barulah di masukkan ke dalam kulkas. biarkan sampe betul2 mengeras.


Tips u/ melapis agar2 :

1.Agar-agar yg hendak digunakan itu haruslah berada di atas api yg kecil, supaya selalu mencair dan mudah bila di campur dgn pewarna.

2.waktu melapis agar2, harus dlm keadaan setengah keras,jgn terlalu cair nanti warnanya menyatu, kalo terlalu keras nanti ngga mau menempel.
Bisa pakai bantuan kipas angin biar rada cepet, trus di pegang kalo udah ngga nempel di tangan berarti sdh bisa di taruh lapisan seterusnya.

3. biasanya u/ lapisan kedua s/d yg terakhir ,menuang agar2 nya pakai piping bag.waktu di tuang perlahan lahan dan sedikit2 ,jarak ujung piping bag ke lapisan sblmnya jgn terlalu tinggi,nanti lapisannya pecah.. (bercampur )

Ini percobaan pertama, ada yg gagal lapisan rainbownya..gak rata! Tap practise makes perfect

Note : santan boleh di ganti dgn susu cair. Untuk dapat 5 rainbow puding dlm mika, saya kalikan 4 resepnya. Toppingnya cream semprot _habis satu tabung eui_, tabur spikel trus tancep"in lilin hias deh.


Salam Pelangi,
Ella

Tidak ada komentar:

Posting Komentar