warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Minggu, 26 Agustus 2012

HEALTHY RAINBOW NOODLE - Diana Cahyawati


Masih ragu untuk memakan segala yang bernuansa warna pelangi? Kenapa begitu? Cobalah disimak baik-baik mie rainbow ini. Tidak saja enak, tetapi juga sehat.

Healthy Rainbow Noodle

(Mie Rainbow Sehat)



Resep asli oleh : Diana Cahya



Meskipun lagi sakit, tetap semangat kuat pengen bikin ini mie pelangi, biasanya yang orang jual kan 1 batang mie 1 warna, kalau yang aku buat 1 batang mie terdiri 6 warna pelangi dan susunannya pas seperti pelangi (mejikuhibiu), bisa dibayangkan ribetnya? Tapi ya namanya hobi bikin yang unik2, jadinya excited, menyenangkan dan merasa tertantang. Belum lagi ditambah mesin mie manual, harus gilas berulang-ulang supaya hasil mie halus dan kenyal. Lalu nyusun adonannya itu loh yang lumayan deg2an, takut ga jadi hahahaha... Lah gimana ga deg2an, wong maunya 1 batang mie isinya 6 warna urut mejikuhibiu (merah,jingga,kuning,hijau,biru,ungu),tapi waktu melihat hasilnya sesuai harapan, girang setengah mampus deh.. Bahagia rasanya, rasanya seperti dikasih obat yang ampuh banget daripada obat dokter yang lagi aku teguk. Inget loh, hati yang gembira itu adalah obat yang paling manjur hehehe...



Aku pribadi ga mau kasih laporan ke para host NCC Rainbow Weeks asal2an, jadi aku berusaha semaksimal mungkin untuk hasil yang sesempurna mungkin, misalnya sesi pemotretan hasil kreasiku, supaya para host seger dikit matanya, abis yang direview kan buanyaaaakkk hahahaha *kasih semangat host trio pelangi*, dan ini laporan kreasi resepku yang ke-6… jangan bosen2 ya ibu host Trio Pelangi hehehe….



Di sesi pemotretan, aku hampir pingsan, keringet dingin mengucur,maklum sekali lg bukan karena aku lemah, tapi karena aku kan lagi dalam keadaan sakit hari yang ke-2 badan beneran terasa panas, kepala pusing banget, muter2 semua rasanya, tapi aku tetap bertekad kuat, aku harus bisa! Ehhhh beneran aja bisa motret sampe selesai, meski hasilnya mungkin ga maksimal *maapin ya host trio pelangi*, dari berpuluh2 jepretan, foto yang ini aku laporkan, supaya keliatan urutan rainbownya urut loh (mejikuhibiu) dalam tiap batang mie hehehe…



Setelah sesi pemotretan, aku makan Healthy Rainbow Noodle ini, ternyata enak bener deh, kirain udah terkontaminasi pewarna alami rasanya jadi aneh, tapi tidak sama sekali, enaakk, beneran, dan mie ini tanpa bahan tambahan (pengenyal,pengawet,dll),semuanya alami.



Komen dan PM temen2 di FB waktu liat Healthy Rainbow Noodle macem2, ada yang tanya "Ini mie sungguhan? Bisa dimakan? Rasanya gimana ya? Pewarnanya itu ga bikin pahit? Ga takut lue din makan mie warna warni gitu, serem loh.." dan lain2 deh...



Eits jangan salah, ini bener2 Healthy Rainbow Noodle , mie yang sehat. Ga percaya? Simak aja cara buatnya, semua warna dari alam alias tumbuh2an, sama spt kreasiku yang lalu "Juicy Rainbow Rice" juga memakai pewarna alami. Bener2 bikin aku makin sreg ngasih nih makanan warna warni ke siapa aja, mau tua, muda, remaja, anak2, amaannn dan sehat! Apalagi anak2 yang suka makan pilih2, Healthy Rainbow Noodle ini bisa jadi pilihan tepat, warna-nya sangat menarik dan menggugah selera hehehe…..



Resep ini adalah resep keluarga turun temurun dan selalu jadi idola, semoga bermanfaat yah :)





Healthy Rainbow Noodle

(Mie Rainbow Sehat)

By : Diana Cahya



Bahan  Mie (per-warna) :

~ 500 gr tepung terigu protein tinggi

~ 2 butir telur

~ 100 cc air pewarna alami(masukkan perlahan2, sambil adonan diuleni) ~ 1/2 sdt garam



Cara membuat  air pewarna alami :

- wortel untuk warna oranye

- angkak untuk warna merah ( bisa juga dengan buah bit loh)

- pandan untuk warna hijau

- kunyit untuk warna kuning

- ubi ungu untuk warna ungu

- bunga telang untuk warna biru



Caranya mudah, potong kecil2 lalu hancurkan dengan juicer / blender, tambahkan air sedikit2,lalu peras sarinya, ambil airnya, sama seperti memeras kelapa untuk mengambil santannya.



Untuk komposisi tergantung selera, kalau mau warna lebih pekat, kurangi jumlah airnya.





Cara membuat Mie:

~ Uleni adonan sampe kalis benar dan permukaan halus.

~ Tipiskan dengan adonan mie dari ukuran yang terbesar, sampe ukuran yang dikehendaki, (jangan lupa beri tepung sagu/kanji di sela2 menipiskan adonan) cetak di cetakan mie.

~ Bubuhkan tepung sagu pada mie, supaya mie tidak lengket satu dengan yang lain.





Penyelesaian :

~ Bila ingin mengolah mie, siapkan air mendidih dengan 1 sdm minyak sayur. Masukkan mie lalu tarik2 mie dengan garpu agar mie tidak menggumpal. Tiriskan.

~ Siapkan mangkok, beri garam + merica + minyak wijen secukupnya saja, masukkan mie yang udah matang tsb, aduk2. Siap disantap.





Tips :

~ Sebaiknya air tidak pas2an saat merebus, agar mie mengembang sempurna.

~ Bila suka bisa dikasih topping daging ayam / sapi cacah,bakso,daun bawan,bawang goreng dan bisa disertai air kaldu sebagai kuah. Kalau aku lebih suka makan tanpa kuah.
~ Cara menyusun mie menjadi warna pelangi dalam 1 batang sangat mudah :

- susun adoanan mie yang sudah ditipiskan menjadi susunan mejikuhibiu, lalu tipiskan lagi.
- saat siap dipotong jadi mie posisi harus tersusun dari atas ke bawah mejikuhibiu, alhasil tiap batang mi akan memiliki 6 warna pelangi.

Kalau masih bingung bisa liat step by step nya di sini ya :

http://www.dianacahya.com/2012/08/26/healthy-rainbow-noodle/


Bon Apetit ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar