warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Selasa, 28 Agustus 2012

JADAH / ULI RAINBOW - Theresia Yenni


Teringat suasana makanan di desa, di pagi atau sore hari yang sejuk, semilir angin, menikmati suasana sambil menikmati cemilan uli atau jadah bakar? Wah nikmat dunia......ditambah teh atau kopi panas, sedang jadahnya juga ceria warnanya, pasti suasana akan lebih asyik.....

Dear Trio Host Pelangi,

Abegeh mau ikutan laporan yah. Setelah mati ide dan mati gaya gara-gara sepertinya semua sudah di rainbow-in, dari cake sampai bubur sumsum, akhirnya dengan terbayang-bayang logo Rainbow week yang keren abis, isi lemari dapur aku bongkar. Prinsipnya harus menemukan cara menciptakan "rainbow" dengan bahan seadanya dan cara sesimpel mungkin karena sedang ditinggal ART mudik lebaran, sementara balitaku kadang gak bisa diam.
Akhirnya...dipojokan lemari kutemukan seplastik ketan putih (yang aku sudah lupa belinya kapan). Tiba-tiba terlintas ide, gimana ya kalau aku bikin Jadah (kalau gak salah ada yang sebut juga namanya uli ya???). langsung cegat abang tukang sayur, buat beli kelapa muda. Akhirnya terciptalah rainbow-ku yang masih jauh dari sempurna.


JADAH / ULI RAINBOW
ala Pawon magnolia

Bahan :
- 250 gr ketan putih, rendam sebentar
- 1/4 butir kelapa muda, diparut
- 1/2 sdt garam
- pewarna makanan merk Cross (Merah, orange, kuning. hijau, biru, ungu)

Cara Membuat :
- cuci ketan yang sudah direndam. masukkan dalam panci, tambahkan air secukupnya dan garam. lalu masak seperti mau membuat aronan nasi. Didihkan dan matikan api agar air terserap semua ke ketan.

-bagi aronan nasi menjadi 6 bagian. masing-masing warnai dengan 2 tetes pewarna makanan.

- kukus adonan yang sudah di warnai sekitar 20 menit.

- Setelah matang, tumbuk masing-masing adonan. (aku kemarin pakai ulekan yang dilapisi plasik karena gak punya alat tumbuk). Lakukan sampai semua warna selesai.

- Susun dalam wadah secara berurutan : merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu. (aku kemarin pakai tupperware kecil, jadi harap maklum bentuknya gak rapi).

- Setelah selesai melapis semua warna, keluarkan dari cetakan. Jadah/uli siap untuk disantap.

Tips : jangan menggunakan kelapa muda dengan takaran berlebih karena akan membuat jadah terlalu lembek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar