warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Selasa, 28 Agustus 2012

Rainbow Polo Bread by Bu Uban

Semoga setelah buat Polo bread ini, lengan Bu Uban akan sekekar tangan Jethro Gibbs...
tapi tetap gak bisa ngalahin cakepnya Chef Juna #eh

Haloooo........
Mau ikutan aaahhh ngeramein jagad perpelangian ini. Biar kata juga nggak sekeren yang lainnya, tapi kan saya host....halah, opo hubungane :D
Sebenernya sih cuma karena mau bikinin sarapan si adhek yang mulai sekolah lagi, dan stock roti maryam aunty arab itu udah abis. Ya sudah, kepikiran menuhin utang juga untuk ikutan nge-rainbow. 
Begitu selesai, paaass banget waktunya untuk motretin, trus ngopi, plus nyobain roti ini sambil nonton si ganteng Jethro Gibbs .....*Juna kemudaan, tante Shirley :D*. Wah, ternyata enaaakk pooll......
polo bread.jpg
Resepnya menggunakan resep NCC dengan sedikit modifikasi.

Untuk rotinya memakai resep Soft bread sebagai berikut :
Bahan :
500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
100 gr  mentega
11 gr    ragi instant
½ sdt    bread improver
4 btr     kuning telor
300 ml  air es
½ sdt    garam

Cara membuat:

Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
Adonan siap dibentuk-bentuk. Langsung saya timbang masing-masing 50gr dan isi dengan butter beku.

Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oven hingga matang. Tetapi karena dibuat dengan topping, maka selama proses proofing ini dibuat topping dulu sebelum dioven.
Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalai adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit. Dan saya cukup menggunakan yang 200ml saja.

Untuk toppingnya :



50 gr       gula halus

50 gr       gula palem ( tidak saya gunakan, tetapi semua diganti dengan gula pasir, sehingga total gula pasir 100gr)

100 gr     mentega
80 gr       telur
130 gr     terigu protein rendah.
5 gr         kopi instant + 1 sdm air panas (tidak saya gunakan)
5 gr         essence kopi ( saya menggunakan 1 sdm esens tiramisu )

Cara membuat:

kocok mentega, gula, telur hingga lembut, masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang essencetiramisu, aduk rata.
Bagi dalam 6 wadah, diberi pewarna koepoe-koepoe merah cabe, kuning tua, biru tua dan grape, serta campuran merah dan kuning untuk warna jingga dan campuran biru dan kuning tua untuk warna hijau. Masing-masing warna sekitar 8-10 tetes.
Masukkan adonan kedalam plastik segitiga. Gunting kecil ujungnya. Semprotkan diatas roti bulat yang sudah mengembang terakhir dengan arah seperti obat nyamuk. Atau, saya membuatnya dalam bentuk garis pelangi.
Panggang roti dalam oven hingga matang.

Naahhh.......jadi deh sebagian disimpan di freezer untuk di panaskan kembali besok paginya jika ingin sarapan. Persis petunjuk yang ada jika kita membeli roti polo merek terkenal itu.

Salam,
Pelangi di Matamu

Endang Uban

1 komentar: