warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Jumat, 31 Agustus 2012

Romantic Rainbow Cake by Putri Permatasari

Cake cantik nan romantic.... silahkan disimak ceritanya ya...



Dear Ibu-Ibu Trio Host Pelangi,

Laporan kedua saya, kali ini tentang kue paling fenomenal tahun ini, kue paling eksis dan narsis karena eye catching jika difoto, yaitu kue pelangi alias Rainbow Cake.

Cerita di balik si cantik Romantic Rainbow Cake

Gara-gara membuat cake ini untuk keluarga sekitar 2 bulan lalu, kemudian foto cake saya pasang di profil picture di bbm (blackberry messenger), beberapa teman ingin mencoba, dan saya coba kirim beberapa potong ke teman-teman, hasilnya, keluarga, tetangga & teman-teman yang sempat mencicipi bilang enak banget, akhirnya orderpun berdatangan. Padahal sebelumnya saya belum pernah mencoba bisnis kue. Setiap malam rata-rata saya membuat dua rainbow cake, kadang tiga, ini saya lakukan di hari kerja, karena pagi sampai sore saya di kerja kantor, setelah si kecil-kecil tidur (malam) baru turun ke dapur. Di akhir pekan rata-rata membuat tiga cake pernah juga lebih. Dan rata-rata, tetangga, teman, customer sudah melakukan 3x re-order, hehe, dihitung-hitung saya sudah membuat 70 lebih rainbow cake ini, rekor untuk pemula seperti saya, karena saya masih membuatnya sendirian, tanpa bantuan asisten.

Jadi bagaimana tidak saya sebut Romantic untuk cake ini, membuatnya berpuluh-puluh kali, kalau tidak pakai energi cinta tidak mungkin berhasil, hehe.

Resep cake ini saya dapatnya di web PJTV yang saya modifikasi, untuk krim nya  saya tidak memakai cheese cream, tapi saya membuat krim dengan modifikasi sendiri, untuk rasa keju nya saya memakai keju parut. Malahan karena krim ini, hampir semua pemesan menyukainya, karena rasanya tidak terlalu manis dan lembut, tetap berkeju di cake nya. Berikut resepnya.

Romantic Rainbow Cake

Bahan Rainbow Cake:
- 6 butir telur
- 175 gram gula pasir
- 1sendok teh baking powder
- 125 gram tepung terigu khusus cake (campur dengan susu bubuk lalu diayak)
- 25 gram susu bubuk
- 1 sendok teh vanila bubuk
- 175 ml minyak goreng
- 100 gram WCC (dilelehkan kemudian dicampur dan diaduk dengan minyak goreng)
- 100 gram keju cheddar (diparut)
- meises warna pink secukupnya
- buah cerry merah secukupnya
- 4 tetes pewarna ungu merk Kupu-Kupu
- 4 tetes pewarna biru merk Kupu-Kupu
- ½ sdt pasta pandan merk Kupu-Kupu
- 4 tetes pewarna kuning merk Kupu-Kupu
- ½ sdt pasta orange merk Kupu-Kupu
- 4 tetes pewarna merah rose merk Kupu-Kupu
- ½ sdt pasta strawberry merk Kupu-Kupu

Bahan Krim Lembut :
-       250 gram mentega
-       250 gram mentega putih
-       1 kaleng susu kental manis
-       1 sdm air lemon
-       
Cara Membuat Krim Lembut :
1.    Mentega, mentega putih dan susu kental manis dikocok menggunakan mixer sampai rata dan lembut.
2.    Masukkan air lemon ke dalam adonan kocok dengan mixer sampai rata.

Cara Membuat Rainbow Cake :
1. Telur, gula  dan baking powder dikocok dengan mixer selama 20 menit.
2. Setelah itu, masukkan campuran tepung terigu, susu, vanilla bubuk aduk pelan dengan mixer kecepatan paling rendah.
3. Tuangkan campuran WCC dan minyak, kemudian aduk merata dengan spatula.
4. Bagi adonan ke dalam 7 loyang bulat diameter 18 cm yang telah dioles mentega.
5. Panggang dalam oven 190 derajat selama 10-15 menit hingga matang.
6. Tunggu semua cake cukup dingin, kemudian susun sesuai warna, lapisi setiap tingkat, atas dan sekeliling cake dengan krim lembut.
7. Taburkan keju parut di atas cake, hias dengan cerry di atasnya, dan meises untuk disamping dan sekeliling cake.
8. Rainbow Cake siap dihidangkan.

Untuk 10-12 porsi.

Salam romantisnya pelangi,

Putri Permatasari
Email : ghanieghaniyacake@gmail.com
Pin BB : 29FD74DD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar