warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Selasa, 28 Agustus 2012

Lapis India Pelangi ~~ Afifah Musta'fifah

Kue Lapis adalah kue yang menguji kesabaran si pembuatnya...tapi, gak ada salahnya loh resep ini dicoba yaaa..

Dear Nyonyah - Nyonyah Host yang kueeceee binti kuueerreennn......

Berikut laporan saya. Partisipasi perdana ikut week - week an NCC setelah sekian lama bergabung dengan milis kita tercintah. Bingung bin pusing mencari ide. Apa ya yang kira-kira menarik untuk dicoba dan dilaporkan. Saya bukan asli Kalsel, tapi menetap di Kalsel sejak tahun 2007 - jadi jatuh cinta sama yang namanya kue Lapis India.. Setiap Ramadan tiba, selalu banyak jenis lapis lapisan kukus yang bertebaran di senatero tanah Banjar ini - termasuk Lapis India. Tak ada yang bisa mengalahkan rasa penasaran saya selain bagaimana cara nya sampai si kue yang satu ini bisa curly banget di tiap lapisan tipis kuenya. Akhirnya, sang ide yang ditunggu tunggu tiba, pengen bikin kue ini tapi jadi lapis pelangi. 
Tanya kanan kiri, browsing sana-sini dapatlah berbagai resep. Aslinya sang kue menggunakan telor bebek dan gula aren, tapi saya mengubahnya dengan menggunakan telur ayam dan gula pasir serta pewarna yang dijual di pastras alias seadanya. Setelah dicoba, pada saat berada di dandangnya lapisan menggembung, cikal bakal si curly. Tapi setelah diangkat kok jadinya lurus mececeng, simetris, gak ada curly nya blasss.... Entah karena terjadi penggantian bahan, atau ketidaksempurnaan eksekusi. Kecewa sih, tapi setelah dimakan, yummyyyy.... Kata suami yang orang Banjar, "Nyaman, pacah di ilat..." Foto seadanya karena pake kamera HP. Ini dia resepnya...

Lapis India Pelangi_DN_send.jpg

Lapis India Pelangi
Source : Berbagai sumber, Modified by : Afifah

Bahan    :
1 bungkus (100 gr) tepung hunkwe putih
200 gr gula pasir
5 butir telur ayam utuh
300 ml air
200 ml santan instan
sejumput garam
Vanili bubuk
Pewarna =>> Merah 8 tetes (Podang), 8 tetes Orange (Merak), 5 tetes Kuning (Merak), 
8 tetes Hijau tua (R&W-Rajawali), 9 tetes Biru (Podang) 3 tetes Ungu (R&W-Rajawali),  10 tetes Ungu (R&W-Rajawali)

Cara Membuat,

Oles loyang ukuran 22*10 dengan minyak  goreng. Lapisi plastik tahan panas, oles lagi dengan minyak. Panaskan dandang sampai beruap banyak.
Campur semua bahan kecuali telur, aduk rata. Masukkan telus satu persatu. Jika perlu saring adonan supaya tidak ada gumpalan dan kotoran.
Bagi menjadi enam bagian dan tuangi pewarna. Tuang 1 sendok sayur adonan kukus selama 5 menit - tuangi lagi dengan adonan. Mulai dengan warna merah, berurut sampai terakhir warna ungu. Lakukan sampai habis. Masing-masing warna menjadi sekitar 3 layer adonan. Setelah habis, kukus lagi selama 15 menit.
Setelah matang, angkat dari kukusan. Balik kue setelah dingin - Hasil jadinya lapisan Ungu berada di bawah, dan lapisan merah menjadi di paling atas. Sajikan.

Salam Warna-warni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar