warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Rabu, 29 Agustus 2012

Lapis Legit pelangi by Ellen Widysari

Lapis legit pelangi, angkat topi tinggi-tinggi untuk para penyetor lapis legit, dengan hanya membayangkan membuat setiap lapisannya saja, sudah suatu kerja serius, apalagi menambahkan kerjaan sebelumnya untuk diwarnai pelangi





Salam Kelir Pelangi
Dear Trio Host Pelangi

*tutup kuping habis disenthil Bu Uban* Maap Bu Ubaaan, males ubek2 email RoTGnyaaaa :)
Nyobain ngasih kelir di resep lapgit yang biasa dibuat, ternyataa sesuatu banget yaa.Sesuatunya adalah ngasih tambahan kerjaan buat nyuci 5 baskom lagi dibandingkan kalau buat lapis legit yang gak pake kelir :)
Terusss,masih belum puas dengan hasil warnanya nih.Mungkin harus pake pewarna merek lain.Merahnya nyaru sama oren,biru nyaru sama ijo,kuningnya terlihat jadi kecoklatan..
Nanti coba lagi aaah bikin si pelangi ini..
Resepnya diambil dr resep lapgit Yongki,dengan modifikasi komposisi butternya,penambahan banyaknya susu kental manis dan minus rhum.

Berikut resepnya :
Bahan A :
45 butir kuning telur
400gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
Bahan B :
700gr butter
200 gr margarine
80 cc susu kental manis
Bahan C :
50 gr tepung terigu protein sedang
15 gr maizena
20gr susu bubuk
1 sdm bumbu spekoek
Pewarna 6 warna ( aku pakai merek cross,masing-masing adonan 4 tetes pewarna)

Kocok bahan A sampai mengental. Kocok bahan B sampai lembut. Campur dan ayak bahan C
Masukkan bahan B ke bahan A, aduk rata dengan spatula, lalu masukkan bahan C ke campuran bahan A+B. Aduk hingga tercampur rata
Bagi adonan menjadi enam. Beri warna,aduk hingga tercampur.

Panaskan oven.Tuang sekitar 2 sendok sayur adonan ke loyang yg sdh dioles mentega dan dilapisi kertas roti.Ratakan,panggang dengan api bawah hingga matang. Matikan api bawah,nyalakan api atas. Tuang kembali adonan, panggang selapis demi selapis hingga semua adonan habis.

Pada lapisan terakhir,sesudah matang dipanggang dengan api atas,matikan api atas,nyalakan api bawah.panggang kembali lapis legit hingga seluruh adonan matang


Salam pelangi
Ellen
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

1 komentar: