warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Kamis, 30 Agustus 2012

Lapis Beras Pelangi by Lidya

Sangat percaya, yang dibilang Lidya, proses pembuatan kue lapis beras memang lama, kami pun pernah mencoba membuat kue lapis sejenis, bagaimanapun kalau melihat hasil akhirnya, gembira pasti, bukan begitu ?


Dear NCCers dan host Rainbow Week,
Ini adalah laporan kedua-ku di ajang rainbow week kali ini. Lapis beras ini termasuk salah satu makanan tradisional favorit. Karena itu pengin banget bisa bikin sendiri. Resepnya diambil dari resep Lapis Beras NCC.

Proses pembuatannya ternyata lumayan lama, karena adonan dituang selapis demi selapis. Tidak sabar ingin mencicipi karena bau daun pandan dan daun jeruk nya menggoda. Setelah jadi, puas dengan hasilnya, enak dan cantik.

Bahan:
100 gr      tepung sagu
275 gr      tepung beras
300 gr      gula pasir
1 sdt         garam
1,5 ltr       santan
3 lbr         daun pandan
6 lbr         daun jeruk purut
Pewarna makanan merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu @ 3 tetes
Cara membuatnya:
Masak santan, daun pandan dan daun jeruk sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat, dinginkan.
Taruh dalam wadah, tepung beras, tepung sagu, garam dan gula pasir, aduk rata, tuangi santan matang sedikit demi sedikit sampai santan habis sambil diuleni, hingga menjadi adonan encer.
Bagi adonan menjadi 6. masing-masing diberi warna merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu.
Siapkan loyang ukuran 18x18x8cm, poles denga minyak sayur tipis saja, paling bawah dialas plastic. Beri adonan ungu, lk. 100ml. kukus dalam dandang yang sudah banyak uap selama 10 menit.
Tuang lagi 100ml adonan biru, kukus 10 menit, tuang  100ml adonan hijau, kukus 10 menit, tuang 100ml adonan kuning, kukus 10 menit, tuang 100ml adonan orange, kukus 10 menit, tuang 100ml adonan merah, kukus 10 menit Begitu seterusnya hingga adonan habis. Terakhir kukus 20 menit.
Angkat. Dinginkan. Keluarkan dari loyang, potong-potong.
  regards,
  
  lidya (chery cakes & cookies)
  www.lidyadewa.blogspot.com

1 komentar: