warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Minggu, 26 Agustus 2012

Mini Onde-onde arainbow - Meinawati


Onde-onde dibuat pelangi? Ah, unik sekali yaaa.....apalagi dijadikan sate onde-onde, anak-anak akan berebutan deh memakannya...

Hellowww....trio host pelangi..

Mau laporan nehh..
Sebenarnya resep ini udah lama tersimpan di file, gara-2 ngiler liat foto onde-2 buatan seorang teman di FB.  Waktu itu, onde-2nya warna hijau cantik banget..
Nah, buat ngeramein NCCRW ini ya udah sekalian aja deh aku praktek onde-2 pelangi dengan resep dari si empunya foto yg waktu itu fotonya bikin aku terpesona..:)

Oh iya karena kacang hijau kupas yg aku pakai buat isian 250g, maka semua bahan lainnya aku konversikan mengikuti ratio kacang hijau kupasnya... *walopun ternyata isiannyapun masih bersisa...hehehe...*


Mini Onde - Onde Pelangi
Resep asli : Vivi Nowotny ( http://makanbersama.blogspot.com/2011/09/onde-onde.html )

Bahan :
225 gram Tepung ketan (aku : 375g)
25 gram Tepung sagu (aku : 42g)
20 gram Gula pasir ( kira - kira 2 sdm ) (aku : 33g)
1 butir Telur ukuran besar, kocok lepas (aku : 2 buah telur, satu besar satu kecil)
1/2 sdt Garam (aku 3/4 sdt)
1/2 sdt Vanilla (aku gak pake)
150 - 160 ml Air hangat (aku : 250ml)
200 gram Wijen putih, sangrai (aku : 100g, karena adanya cuma segitu...hehehe...)
Minyak goreng ( deep frying )
Perisa seri rainbow dari Golden Brown (merah strawberry, orange orange, kuning mangga, hijau pandan, blue lychee, ungu blueberry)

Isi :
150 gram kacang hijau kupas (aku : 250g)
75 gram gula pasir (aku : 125g)
80 ml santan (aku : 130ml)
1 lembar Daun pandan
1/4 sdt Vanilla
1/4 sdt Garam

Caranya :
1. Isi : rendam kecang hijau kupas dengan air panas selama 1 jam atau lebih (aku rendam semalam), tiriskan, kukus hingga matang. Kemudian Blender ( haluskan ) kacang hijau kupas kukus tadi. Taruh dalam wajan tambahkan santan, gula pasir, garam dan vanilla.  Aduk rata, lalu masak di atas api kecil, sampai adonan padat dan bisa di pulung, angkat dan bentuk bulatan dengan ukuran sesuai selera.
2. Kulit : Aduk rata tepung ketan, tepung sagu tani, telur, gula pasir, garam, dan vanilla hingga tercampur rata.
3. Tambahkan sedikit demi sedikit air hangat, hingga adonan dapat di pulung / di bentuk.
4. Bagi menjadi 6 bagian sama banyak.  Lalu masing-masing bagian diberi perisa seri rainbow, sesuai selera (aku : pemakaian perisa berkisar antara 2 tetes sampai 5 tetes perisa)
5. Bagi masing-2 warna menjadi 12 bulatan adonan kulit.  Ambil adonan secukupnya, pipihkan, taruh adonan isi, bentuk bulat kembali hingga menutupi adonan isi. Gulingkan ke dalam wijen sangari, sedikit di tekan dengan tangan. Lakukan hingga adonan selesai di bentuk semua.
5. Masukkan adonan semua ke dalam minyak hangat dengan api kecil, kemudian besarkan api dengan api sedang. Goreng sambil terus di aduk pelan, hingga onde-onde mengapung dan matang ( hanya sebentar menggorengnya ). Angkat. dan Tiriskan.

Note :
1. Perhatikan step penggorengannya. Onde-onde tidak perlu di goreng dalam api besar dan minyak yang sangat panas, dengan begitu onde akan mudah pecah.
2. Adonan kulit saat di bentuk jangan terlalu tipis dan isiannya jangan terlalu banyak, karena akan mengakibatkan mudah pecah saat di goreng.
3. Penambahan air pada kulit adonan dilakukan sedikit demi sedikit, sehingga adonan kulit tidak terlalu lembek.
4. Penambahan perisa dilakukan sedikit demi sedikit sampai diperoleh warna sesuai keinginan.  Khusus untuk perisa seri rainbow Golden Brown ini, kekentalan masing-2 perisa berbeda-2..dari yg cair seperti orange orange, kental seperti hijau pandan, merah strawberry, sampai lebih kental seperti kuning mangga.
5.  Bila tidak langsung habis dikonsumsi, simpan dalam lemari es dalam wadah tertutup.  Kalo mau dikonsumsi lagi, thawing sekitar satu jam, lalu oven sebentar sampai empuk kembali.


Salam rainbow.


Meinawati PS
FB : Bebek Dapur Saga
FB : Saga Kitchen
http://dapursaga.blogspot.com
HP. 087881514864

1 komentar:

  1. Gan saya mau usaha mengatasnamakan onde onde pelangi boleh nggak?

    BalasHapus