warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Jumat, 31 Agustus 2012

Rainbow Jar Cake by Depe

Menggunakan bahan putih telur , Depe mengkreasikan cake nya dalam jar dan dalam warna-warna soft.....



Dear Trio Host,
Saya ceritanya mau laporan rainbow jar cake. Kebetulan ada yg pesan, teman kantornya suami, dan suka sekali dengan cream yg banyak. Alhasil begitu dimasukkan ke dalam jarnya, malah warna pelanginya gak kelihatan. Untungnya sempat difoto sebelum dimasukkan ke dalam jarnya.

Karena punya banyak stok putih telur, resepnya saya pakai resep cake pandan putih telur Ny.Liem. Dalam resep yg saya dapat, dibake, tapi sama sama saya, saya kukus. Dan rasanya moist banget. Berikut adalah resepnya:

Bahan A:
350gr putih telur
250gr gula pasir
1 sdm emulsifier
1/2 sdt garam
Bahan B:
200gr terigu
30gr maizena
20gr susu bubuk
Bahan C:
100gr margarine leleh (saya pakai blueband gold, enak jg rasanya) *maaf bukan salesnya blueband :)
150 ml santan/susu cair (saya pakai UHT Ul*ra)
Cara:
- kocok bahan A hingga soft peak
- masukkan bahan B yg sudah diayak, aduk rata
- masukkan bahan C, aduk rata
- bagi adonan menjadi 6 bagian dan beri warna masing2 2-3 tetes. Pewarna yg saya gunakan:
* hakiki: hijau apel
* cross: ungu, biru, kuning
* koepoe-koepoe: merah tua
* americolor: orange
- tuang ke loyang yg sudah dioles mentega, alasi kertas minyak, dan olesi mentega lagi (saya pakai loyang diameter 20cm)
- dikukus kurleb 5-7 menit (krn dandangnya kecil, jd bolak-balik 6 kali ngukus. Cakenya gak jd bantat atau cair krn ngantri. Krn ada emulsifiernya jg mungkin ya?)
- stlh matang, angkat, dinginkan, keluarkan dr loyang, letakkan di wier rack.
- setelah benar2 dingin, cetak bentuk bulat2 sesuai wadahnya. Saya kmrn tiap warna jadi 7 bulatan
- stlh itu saya masukkan ke jar bergantian dengan creamnya (whipped cream anchor + gula bubuk saja)

Sekian laporan dari saya. Terimakasih trio host
Salam pelangi :)
Depe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar