warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Jumat, 31 Agustus 2012

Kolak Biji Salak Pelangi by Srie

Biji salak berwarna pelangi, tetap menarik untuk dicicipi, seperti halnya biji salak ungu dan ubi kuning.




Assalamualaikum..
Selamat malam dan Salam kenal semua
Perkenalkan Saya Srie

Terima kasih utk NCC dan Ibu-ibu Host Trio Pelangi yg cuantik-cuntik yg telah memberikan kesempatan utk para pecinta masak-memasak untuk selalu berkreasi.
Ini kali kedua saya mengikuti Nccweek, senang rasanya bisa meramaikan NCCRW kali ini.
Langsung saja deh..Pas banget dengan tema NCCweek kali ini.
Ramadhan kemarin kebetulan saya membuat Kolak Biji Salak, kolak mungkin sudah jadi menu buka puasa yg wajib ada.

Dihari pertama puasa saya membuatkan kolak biji salak untuk keluarga, hanya anak saya yg paling kecil saja yg tidak mau mencicipi.
Akhirnya seminggu kemudian saya membuat lagi kolak biji salak karena saya suka sekali dengan kolak yang satu ini rasanya yg kenyal perpaduan dari ubi yang dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung kanji dan manis serta gurihnya kuah santan emmm..nikmat sekali disantap saat berbuka.

 Terbayang kue-kue pelangi yang sedang ramai saat ini, hanya belum kesampaian untuk membuat kuenya.
Jadi terpikir bagaimana kalau kali ini kolaknya saya buat warna-warni seperti pelangi, setidaknya saya tidak penasaran lagi dengan kue-kue yang cantik penuh warna walau hanya lewat kolak terlebih dahulu.
Dan mungkin saja sikecil tergoda untuk mencicipinya karena kolaknya cantik berwarna-warni. 

Kolak Biji Salak Rainbow
1 kg Ubi Kuning, kupas, cuci potong kotak-kotak kecil, kukus haluskan
300 gr tepung kanji
400 gr gula pasir
3 lembar daun pandan
1 butir kelapa, peras santannya banyak nya kira2 2 liter
(tergantung selera bila ingin kental jadikan 1 liter saja, saya lebih suka santan yang encer tidak terlalu nyelap ditenggorokan bahasa bagusnya "nyelap" apa yah??)
1 sdt garam
1 liter air untuk merebus bulatan ubi
2 sdm tepung kanji larutkan dalam air sesuaikan dengan kekentalan yg diinginkan
Cara Membuat
- Kukus ubi kurang lebih 30 menit, selagi panas hancurkan dengan garpu
- Setelah halus campur dengan tepung kanji, aduk sampai rata sampai bisa dibentuk bulat
- Bagi adonan menjadi 5 bagian
Masing-masing adonan beri pewarna merah, kuning, hijau, biru, dan ungu
Pewarna yg saya pakai merah,kuning,hijau,ungu  menggunakan pewarna makanan Kupu-Kupu
Sedangkan warna Biru saya menggunakan pewarna makanan Cross
- Masak air hingga mendidih
- Bentuk bulat-bulat adonan ubi kemudian rebus dalam air mendidih sampai mengapung
- Ditempat lain masak santan, gula, daun pandan serta garam
- Setelah semua adonan yang direbus mengapung pindahkan ke dalam panci yang berisi santan, masak sebentar hingga mendidih.
- Tambahkan cairan tepung kanji masak sampai mengental, angkat sajikan deh.

Alhamdulillah akhirnya anak saya yg paling kecil "syakirah" tergoda juga dengan Kolak Biji Salak yang kali ini berwarna-warni seperti Pelangi. Waktu pemotretan saja sudah mau dicomot saking tidak sabarnya ^_^

Terima Kasih Ibu Trio Host Semoga berkenan
Salam Manis

1 komentar:

  1. Alhamdulillah senangnya akhirnya ditampilkan juga Kolak Rainbow ku. Sempat dag..dig..dug nih. Terima kasih Ncc dan Ibu Trio Pelangi ^_^

    BalasHapus