warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Senin, 27 Agustus 2012

Nastar Rainbow by Ewi Nerni

Kalau anda terbiasa melihat tampilan nastar dengan warna klasik, mulai dari sekarang bersiaplah untuk membiasakan diri melihat tampilan nastar dengan warna pelang, bisa jadi booming nih nastar pelangi :-)



Laporan kedua
Kue nastar ini saya bikin untuk stok kue lebaran. Secara, saya doyan banget sama nastar. 1 toples cuma buat 2 hari :D. Karena tidak sempat utak-atik email beberapa hari menjelang lebaran, jadilah laporannya hari ini saja (memanfaatkan sela2 waktu di kantor). Dua laporan sekaligus dalam satu hari, ga pa-pa ya, ibu2 host.

Resep Kue Nastar oleh Fatmah Bahalwan: saya bikin setengah resep (tentunya dengan sedikit modifikasi dalam pemberian warna)
Bahan:
250 gram margarin
250 gram butter
100 gram gula halus (saya pakai 35-40 gram saja untuk setengah resep)
4 kuning telur
700 gram terigu protein sedang (saya pakai tepung protein rendah: kunci biru)
4 sdm susu bubuk full cream (saya tetap pakai 4 sdm untuk setengah resep)
Kuning telur dikocok lepas untuk polesan
Pewarna makanan merk koepoe2: merah, biru, kuning, ungu
Pasta koepoe merk koepoe2: orange dan hijau
Selai nanas siap pakai (karena proses pembuatan selai nanas ini membutuhkan waktu yang cukup lama, maka saya beli saja selai nanas khusus nastar di TBK)

Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu dan susu bubuk. Sisihkan.
2. Campur margarin, butter, gula halus dan telur. Kocok dengan mixer kecepatan rendah sebentar saja asal lunak dan tercampur rata. Jangan mengocok terlalu lama nanti hasil nastarnya akan meleber ketika dipanggang.
3. Bagi adonan menjadi 6 bagian dan beri pewarna atau pasta
4. Masukkan campuran terigu (campuran terigunya dibagi menjadi 6 bagian juga). Aduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata dan adonan bisa dipulung.
5. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri selai nanas, bulatkan. Tata dalam loyang tanpa dioles margarin.
6. Panggang dalam oven suhu 140'C selama 30 menit.
7. Keluarkan dari oven, poles kuning telur. Panggang kembali hingga matang dan kuning telur telah mengering serta berwarna keemasan. Angkat. Dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara. (Tentu saja harus di simpan di tempat yang aman, jauh dari jangkauan mata dan tangan. Biar g cepat ludes dan nambah timbangan, :D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar