warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Jumat, 31 Agustus 2012

RAINBOW CREPES - Okky Lasiny


Sekilas tampak seperti rainbow cake. Padahal ini adalah crepes, yang ditata sedemikian rupa sehingga sangat meriah dihadirkan untuk acara ulang tahun keluarga tercinta.

Dear trio host pelangi....

Sesuai janji mau setoran lagi aaah...:)
Ceritanya suami ulang tahun, tapi waktu sempit trus pengen setoran juga....
Sementara suami ditanyain katanya ga mau dibikinin apa-apa, karena memang kurang suka ngemil...beda dengan istrinya yang
selalu ada space di perut untuk dessert walopun udah kenyang hihihi
Akhirnya pilihan jatoh ke crepes cake, karena bikinnya gampang, ga terlalu habis waktu untuk ngedekor dan beda dari biasanya...
Setelah dicicipin ternyata BENER BANGET!!! Rasanya creamy, lembut tapi ringan...dimakan sewaktu dingin enak, nyobain yg udah ga dingin lagi juga masi enak...kalo udah makan cenderung pengen ngambil lagi...karena rasanya ringan itu jadi pengen nambah terus...wadooooh bahayaaaa....

Pada dasarnya setelah dipraktekkan, sama aja kaya resep-resep crepes pada umumnya, filling pun hanya vla yang biasa dipakai untuk kue sus tapi dicampur dengan whip cream....Tapi karena penasaran dengan resep ini jadi saya coba benar-benar mengikuti resepnya...
Hanya saja saya tambahkan almond slices yang sudah disangrai sebelumnya di setiap lapisan paling atas dari setiap warna....Dan saudara-saudara...ternyata sekali lagi BENER BANGEEEEET!!! hihihi tambah enak karena ada sensasi krenyes-krenyes gimanaaaa gitu di antara kelembutan fillingnya....


Resep yang saya pakai diambil dari http://creampuffsinvenice.ca/2007/06/17/the-real-crepe-cake/

Berikut yang sudah saya coba terjemahkan:

Bahan Crepes:
6 sdm butter
3 cup susu
6 telur
1.5 cup tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
7 sdm gula
Sejumput garam
Minyak sayur secukupnya untuk mengoles wajan

Cara membuatnya:
1. Lelehkan mentega dan masak sampai berwarna kecoklatan.
2. Panaskan susu, dinginkan selama 10 menit.
3. Kocok telur, tepung, gula dan garam dengan mixer kecepatan rendah.
4. Lalu masukkan susu panas dan mentega perlahan-lahan.
5. Letakkan dalam wadah lalu simpan di kulkas semalaman.
6. Panaskan wajan anti lengket ukuran 9 inches atau kurang lebih 23 cm dan oleskan minyak.
7. Tuang adonan sebanyak 3 sdm ( saya sekitar 4.5sdm, karena setelah dipraktekan 3 sdm tidak bisa menutupi seluruh permukaan wajan).
8. Masak kurang lebih 1 menit atau sampai bagian bawah mulai berwarna coklat lalu balik dan masak tidak lebih dari 5 menit,

Kurang lebih akan mendapatkan 20 crepes.

Karena dibuat model rainbow maka adonan saya bagi menjadi 6 bagian.
Saya pakai pasta golden brown kurang lebih 6 tetes setiap warnanya.
Untuk warna kuning saya tambahkan pewarna trans kurang lebih 3 tetes dan hijau dengan pewarna cross kurang lebih 3 tetes.

Bahan Vanilla Pastry Cream
2 cup susu
1 sdm vanilla extract
6 kuning telur
0.5 cup gula
1/3 cup maizena, ayak
3.5 sdm butter

Cara membuatnya:
1. Didihkan susu, matikan api, masukkan vanilla extract, aduk rata.
2. Siapkan baskom besar dan isi dengan es batu, sisihkan.
3. Kocok kuning telur, gula dan maizena.
4. Masukkan susu sedikit demi sedikit lalu letakkandi atas kompor dengan api besar sampai mendidih. Kocok terus sekitar 1-2 menit.
5. Taruh di atas baskom yang berisi es batu, aduk terus sampai temperatur mencapai 140 derajat. (Karena ga punya thermometer jadi saya kira-kira aja).
6. Masukkan mentega, aduk sampai rata.
7. Masukkan ke kulkas setelah dingin.

Pada saat hendak menyusun crepes siapkan:

2 cup whip cream
1sdm gula
3 sdm kirsh
Icing sugar secukupnya (optional)
Kocok semua bahan, lalu campur dengan vanilla pastry cream.
( saya hanya pakai whip cream non dairy tanpa bahan yang lain).
Letakkan lapisan crepes pertama dan tutup dengan filling, begitu seterusnya sampai habis.
Hias sesuai selera.

Selamat mencoba...dijamin ga nyesel bikin ini...
Thank youuu...

1 komentar: