warna itu indah,
warna itu sehat,
warna itu kehidupan itu sendiri

Kamis, 23 Agustus 2012

CHICKEN BALL RAINBOW


Sekilas, tidak menyangka kalau ini adalah bakso. Seperti permen atau manisan saja ya. Tapi, mengapa tidak ya membuat bakso pelangi?

Assalamualaikum n Met Pagi NCCers n Trio Rainbow,

Mau laporan lagi ya.. kemarin kan bikin puding koi.  Sekarang bikin yang masakannya.  Abis masak buat adik n Bapak karena Ibu lagi ke rumah mbah di Blitar kok masih pengen bikin sesuatu di dapur... Liat di kulkas ternyata ada dada ayam..langsung aja criiinnnnggg... muncul ide bikin bakso ayam.  Karena mau ikutan event Rainbow Week maka ayamnya dibikin bakso ayam renbo.. dikasih judulnya Chicken Ball Rainbow biar keren..hehehehehe... resenya sederhana banget... cekidot yaaa..


Chicken Ball Rainbow ala pawon-seupritku

500gr dada ayam di fillet ( jadinya tinggal kurleb 300gr daging ayam )
2 putel
3 sdm tepung sagu
1 siung bawang putih
1/2 siung bawang bombay
1 bh daun bawang
1 blok kaldu
garam, gula n merica secukupnya.
Pewarna makanan Hakiki merah, orange, kuning muda, hijau tua, biru dan ungu.

Cara membuat
-  Haluskan ayam dengan blender ato food processor.
-  Cincang halus bawang putih n bombay kemudian ditumis sampai harum
-  Kocok putel dengan garam, gula, merica n kaldu blok
-  Masukkan kocokan putel + bawang ke daging ayam dan telah dihaluskan.
-  Masukkan tepung sagu hingga rata.
- Timbang adonan ayam @50grx6
- Rebus 1ltr air
- Siapkan kukusan.
- Beri warna tiap adonan merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu masing2 5 tetes.
- Tiap adonan warna aku jadiin 2 bakso.
Karena pengen tau proses pemasakan yang mana yang bisa bikin warnanya bagus, maka aku bikin dengan 2 macam proses.  Yaitu rebus n steam.
-  Masukkan masing warna bakso @1 bh ke air mendidih tunggu hingga mengambang trus angkat.
- Untuk sisa bakso yang lain masukkan ke kukusan yang udah beruap banyak.  Kukus selama 15 menit.
- Hidangkan dengan saos sambel n kuah bakso.

Nb :
-  Warna lebih keluar dengan proses kukus.
-  Untuk yang pakai metode rebus aku tusuk pake tusuk sate biar keliatan bedanya antara yang kukus n steam.  Dari segi rasa menurutku sama saja.

Demikian laporan dariku.  Happy holiday ya...


Salam Rainbow.
Titis Dhewie - Malang
www.pawon-seupritku.blogspot.com
08125298944


1 komentar:

  1. permisi....saya pengen nyoba udah dari dulu pengen ber-eksperimen membuat bakso rainbow.....tp blm pede buatnya....hehehehe

    btw, ada satu bahan yg saya baru denger namanya....putel....itu apa????

    makasih infonya

    BalasHapus